Menang di Rusia, Lewis Hamilton Bakal Juarai Formula 1 2015
Reporter: Tempo.co
Editor: Febriyan
Senin, 12 Oktober 2015 07:18 WIB
Pembalap Formula 1 tim Mercedes, Lewis Hamilton diberi ucapana selamat secara langsung oleh Presiden Russia, Vladimir Putin usai menjuarai ajang balap GP Formula 1 Russia, 11 Oktober 2015. REUTERS

TEMPO.CO , Jakarta - Pembalap tim Mercedes-Benz Petronas, Lewis Hamilton, hampir pasti menjadi juara dunia Formula 1 setelah memenangkan seri Formula 1 Rusia di sirkuit Sochi Autodrom, Ahad kemarin. Kompetitor utama sekaligus rekan setimnya, Nico Rosberg gagal menyelesaikan lomba karena masalah pada pedal gas mobilnya.

Balapan F1 di Rusia berjalan penuh dengan kejutan. Nico Rosberg yang datang ke Rusia dengan hanya berjarak 48 poin dari Lewis Hamilton bertekad memangkas jarak itu. Apalagi, di sesi latihan hingga kualifikasi Sabtu kemarin Roseberg terus mendominasi.

Start dari posisi terdepan, Nico Rosberg sebenarnya mampu langsung memimpin di awal balapan, Hamilton juga mampu mempertahankan posisinya dengan terus menempel rekannya itu di posisi kedua. Sementara pembalap Ferarri, Kimi Raikkonen, yang memulai balapan dari posisi kelima mampu menyodok ke posisi ketiga.

Persaingan yang ketat dibelakang mereka memaksa mobil pembalap tim Force India, Nico Hulkenberg berputar di dalam lintasan. Pembalap tim Sauber Ferarri, Marcus Ericsson yang berada di belakang  menabraknya. Insiden ini pun langsung membuat safety car keluar kandang dan mengawal pembalap hingga putaran ke 4 berakhir.

Selepas safety car keluar lintasan , Rosberg kembali meninggalkan Hamilton. Namun, baru berjalan satu putaran, pembalap asal Jerman itu terdengar melaporkan kerusakan pedal gas kepada timnya. Di putaran ke tujuh, Rosberg melebar di tikungan kedua dan Hamilton bisa memanfaatkannya untuk memimpin lomba. Di putaran kedelapan, Rosberg akhirnya memutuskan masuk ke pit dan mengakhiri lomba lebih awal.

Lewis Hamilton akhirnya menyelesaikan lomba sebagai yang tercepat dan meraih 25 poin. Posisi kedua akhirnya direbut oleh Pembalap tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel. Sementara pembalap tim Force India, Sergio Perez melengkapi podium di posisi ketiga.

Hasil ini membuat Lewis Hamilton membukukan 302 poin di puncak klasemen. Rosberg yang tak mencetak angka harus merelakan posisi keduanya direbut oleh Sebastian Vettel dengan 236 poin atau berjarak 66 poin dari Hamilton. Rosberg yang berada di posisi ketiga hanya mengoleksi 229 poin atau tertinggal 73 angka dari Hamilton.

Dengan empat seri tersisa, Lewis Hamilton tampaknya sulit untuk dibendung oleh Vettel dan Rosberg. Pembalap asal Inggris ini hanya perlu finish di posisi kelima untuk mengamankan puncak klasemen.

Hitungannya sederhana. Dengan finish di posisi kelima, Hamilton akan mendapat tambahan 60 poin atau total 362 angka. Raihan ini tak akan mampu dikejar Vettel meskipun dia memenangi seluruh dari empat seri tersisa. Dia hanya akan mendapatkan tambahan 100 poin atau total akan membukukan 336 poin. Hamilton juga akan bisa memastikan kemenangannya lebih cepat jika berhasil memperlebar jarak 9 poin saja dari Vettel di balapan seri Amerika dua pekan lagi.

CRASH|FEBRIYAN

#F1
#Mercedes Benz
#Lewis Hamilton

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi