30 Jenis Ban Motor Michelin Disiapkan untuk MotoGP 2022
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 10 Maret 2022 14:23 WIB
Ban motor Michelin. (Foto: Michelin)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Michelin dikabarkan telah menyiapkan 30 jenis ban motor untuk ajang balap MotoGP 2022. Jumlah itu nyatanya berkurang dari musim sebelumnya. Produsen ban itu memangkas 11 jenis ban atau mengurangi seperempat dibandingkan musim lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, Michelin dikabarkan menyediakan 41 jenis ban untuk para pembalap. Pemangkasan ini dilakukan setelah produsen berdiskusi langsung dengan sejumlah rider MotoGP 2022.

Hal itu dibenarkan secara langsung oleh Michelin Two Wheels Motorsport Manager, Piero Taramasso. Ia mengatakan bahwa pemangkasan pilihan ban itu dipastikan tidak mengurangi tingkat performa produknya.

“Tim teknis Michelin Motorsport bekerjasama dengan para rider untuk memilih ban paling multifungsi dan mengeliminasi ban-ban yang dianggap terlalu spesifik,” kata dia dalam rilis yang diterima Gooto.com hari ini, Kamis, 10 Maret 2022.

“Selain lebih memudahkan tim peserta untuk memilih tipe ban yang tepat, perampingan ini juga akan membantu mengurangi dampak lingkungan karena bahan baku yang digunakan berkurang, jumlah yang diproduksi  juga turun sehingga lebih sedikit ban yang akan disimpan dan didaur ulang setelah digunakan,” lanjut dia.

Keputusan pengurangan jenis ban ini nyatanya didukung oleh Dorna Sports. Setiap pembalap nantinya akan menerima 28 ban yang terdiri dari 15 ban depan dan 13 ban belakang. Para rider dilaporkan hanya boleh menggunakan 10 ban depan dan 12 ban belakang di ajang MotoGP 2022.

Pembalap dibebaskan menyusun komposisi ban motornya, dan diperbolehkan memilih maksimal enam ban soft, empat ban medium, dan tiga ban hard. Mereka yang lolos ke babak kualifikasi dikabarkan mendapatkan ban motor tambahan di bagian depan dan belakang.

Nantinya Michelin akan menyediakan 1.200 ban untuk setiap balapan MotoGP 2022, termasuk di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun laporan tersebut tidak menyebutkan jenis ban apa saja yang akan disediakan di MotoGP Mandalika nanti. Kendati begitu, Michelin memastikan akan membawa tiga spesifikasi ban untuk MotoGP Indonesia.

Baca: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Sudah Rampung, Lintasan Mulai Didinginkan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi