Yamaha Menyesal Tak Punya Tim Satelit di MotoGP 2023
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 28 Juli 2023 10:50 WIB
Fabio Quartararo (20) dan Franco Morbidelli (21). (Foto: Monster Energy Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaYamaha menjadi salah satu pabrikan yang mengalami nasib buruk pada musim MotoGP 2023. Selain karena motornya yang kurang kompetitif, pabrikan biru juga mengalami kendala lain, yakni tidak memiliki sebuah tim satelit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Akibatnya, Yamaha hanya dapat mengumpulkan sedikit informasi dari lintasan.

Pada musim MotoGP 2023 Yamaha harus berjuang tanpa tim satelit. Hal tersebut disebabkan, RNF Racing, memilih untuk tidak memperpanjang kerjasama dengan RNF Racing telah berganti mitra ke pabrikan Italia, Aprilia.

Yamaha pun kesulitan menemukan pengganti akhirnya harus membalap dengan satu tim saja di musim MotoGP 2023.

Manajer tim Yamaha Massimo Meregalli menilai Yamaha mengalami kerugian besar karena tak memiliki tim satelit. Ini membuat Yamaha hanya bisa menerima masukan dan informasi dari dua pembalap Monster Energy, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

Bahkan jika dibandingkan dengan Ducati, memiliki 1 tim pabrikan dan 3 tim satelit dengan total 8 pembalap.

"Pada akhirnya kami harus melakukan 100 persen pekerjaan secara mandiri. (Tim balap) yang lain (mungkin) bisa membaginya, mungkin masing-masing tim bisa mengambil 25 persen porsi pekerjaan," kata Meregalli dikutip dari Motorsport-Total, Jumat 28 Juli 2023

Meregelli juga tampak tidak kesulitan berbagi tugas jika hanya memiliki dua pembalap. Meski begitu ia hanya bisa pasrah.

"Bahkan jika kita berbicara tentang (pilihan) ban, mungkin mereka dapat berbagi tugas memilih ban, tetapi kita tidak bisa. Itu hanya sebuah contoh, tapi sayangnya begitulah adanya," sambung orang Italia.

Meski sedang membutuhkan, sayangnya untuk musim 2024 nanti Yamaha belum akan memiliki tim satelit lagi.

"Kami tidak ingin kehilangan tim satelit, kami pasti akan punya tim satelit kami kembali di masa mendatang," harap Meregalli.

Sebelumnya Yamaha dikabarkan sedang menggoda tim balap Valentino Rossi, VR46 Racing Team. Kontrak VR46 Racing Team bersama Ducati masih tersisa hingga akhir 2024. Namun masalahnya, tim VR46 Racing Team tampaknya tidak tertarik menjadi tim satelit Yamaha dengan kondisi motor Yamaha YZR-M1 yang kalah jauh performanya dari Ducati Desmosedici.

Pilihan Editor: Yamaha YZF-R1 GYTR Pro 25th Anniversary Limited Edition, Rasa WorldSBK

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi