Audi A1, MINI Cooper ala Audi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 5 Januari 2010 14:07 WIB
Dok: World Car Fans

Wabah mobil ukuran kompak alias mini kini menjalar ke siapa saja. Tak terkecauli pabrikan otomotif yang selama ini memproduksi mobil mewah. Setelah Daimler mengumumkan akan berkongsi dengan Renault memproduksi varian city car berkuran mini, kini giliran Audi AG menegaskan akan memasarkan varian mini mewahnya, Audi A1.

Seperti dikutip worldcarfans, sumber Audi menuturkan, pihaknya akan melepas Audi A1 ke pasar Eropa pada musim panas 2010 atau sesaat setelah mobil ini diboyong ke arena pameran otomotif Geneva Auto Show, Maret mendatang. Mobil yang versi konsepnya muncul di Tokyo Motor Show 2007 dengan tajuk Audi Metroproject Quattro memiliki  panjang 3,9 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1,4 meter, serta jarak sumbu roda 2,6 meter.

Mobil  yang  diperkirakan berbanderol US$25 ribu atau sekitar Rp 235 juta itu, akan ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin, diantaranya mesin bensin 1.200 cc dan 1.400 cc TFSI (Turbo Fuel Stratified Gasoline Direct Injection) yang mampu menyemburkan tenaga hingga 63 kW atau 86 PS. Sedangkan mesin 1.400 cc diklaim menghasilkan tenaga 90 kW atau 122 PS.

Tipe lainnya adalah, mesin disel 1.400 cc dan 1.600 cc yang dilengkapi teknologi  common rail injection. Sedangkan tipe mesin tertinggi adalah 2.000 cc common rail injection.

Manajemen Audi menyebut, varian terbaru hasil besutannya itu diperuntukkan bagi konsumen usia muda di perkotaan. “Dengan demikian, Audi menyedikan beberapa pilihan sesuai dengan target yang disasar. Audi bertujuan untuk memperluas jangkauan ke pasar global,” tutur sumber di Audi.  

Sementara untuk mempromosikan mobil ini, sebelum keterangan resmi dan foto-fotonya disebarluaskan pada akhir Februari mendatang, manajemen Audi akan meluncurkan media online khusus untuk mewartakan varian ini. Wuihh...

ARIF ARIANTO

TEMPO Interaktif, Jakarta -

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi