Esemka Terkenal, Produsen Mobil Gencar Pedekate
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 6 Januari 2012 11:43 WIB
Siswa dari SMK Warga, membersihkan mobil Kiat Esemka di Solo Techno Park. TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Popularitas dan sambutan positif masyarakat atas kemunculan mobil Kiat Esemka membuat produsen mobil pabrikan mulai gencar melakukan "pendekatan".

Pemilik Kiat Motor, Sukiyat, mengatakan sudah ada beberapa pabrikan mobil terkenal yang menghubunginya."Mereka tanya-tanya tentang mobil, spesifikasinya, soal harga, dan sebagainya," katanya kepada Tempo, Jumat, 6 Januari 2012.

Tak sekadar bertanya, para produsen besar ini juga menyampaikan "pinangan" untuk bekerja sama dalam pengembangan Kiat Esemka. Meski Esemka ibarat bunga cantik yang dikerubungi lebah, ternyata belum ada yang membuatnya tertarik. Sejauh ini, Sukiyatberkomitmen menjalin kerja sama dengan sekolah menengah kejuruan yang selama ini sudah merakit Kiat Esemka.

Pinangan pun ada yang disampaikan melalui Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Jokowi mengaku sudah ada pabrikan mobil besar yang menghubungi. "Mereka bertanya detil sampai hitung-hitungan investasi," ujarnya.

Sama seperti Sukiyat, Jokowi belum memberi jawaban. Sebab, Jokowi hendak membicarakannya dengan Kiat Motor dan siswa SMK. Pekan depan, rencananya Jokowi dan Sukiyat hendak membahas proposal bisnis pengembangan Kiat Esemka. Harapannya, alumni SMK bisa menjalankan  produksi massal berbasis industri rumah tangga.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita lain:Bambang Soesatyo, Mobil Esemka Tak Akan Jatuhkan Pamor Bentley MiliknyaIni Modifikasi Esemka Ala Bambang SoesatyoAsyiknya Menunggang Esemka, Test Drive TempoHeboh Mobil Esemka JokowiIni Spek Mobil Esemka JokowiAda Mesin Boedoet di Mobil EsemkaKetua KADIN: Mobil Esemka Hanya Hobi Anak-anak

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi