Esemka Dibawa ke Jakarta Pagi Ini
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 24 Februari 2012 06:25 WIB
Walikota Solo, Joko Widodo, menjamasi mobil Esemka Rajawali di aula Solo Techno Park, Kamis (23/2). TEMPO/Andry Prasetyo

TEMPO.CO , Surakarta: Mobil Esemka bakal dibawa dari Surakarta ke Tangerang untuk uji emisi pada pukul 09.00 Jumat pagi, 24 Februari 2012. Wali Kota Surakarta Joko Widodo yakin mobil Esemka akan lolos uji emisi.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat menggelar jamasan mobil Esemka di Solo Technopark, Kamis malam, 23 Februari 2012. “Kami telah melakukan uji coba berkali-kali,” kata Jokowi. Hal tersebut membuat rencana untuk menjalani uji emisi sempat tertunda beberapa kali.

Upacara jamasan dilakukan dengan melibatkan sejumlah penari. Mereka melakukan tarian sesajian semacam Srimpi dengan diiringi tembang Dandanggula. Sebelumnya, enam pemuka agama memimpin doa bersama secara bergiliran.

Joko Widodo mendapat giliran pertama untuk menyiramkan air kembang. Selanjutnya, siraman air kembang juga dilakukan oleh Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Surakarta Sukasno serta Sukiat, pemilik bengkel tempat produksi mobil Esemka.

Menurut Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, upacara jamasan tersebut dilakukan untuk membersihkan mobil sebelum diberangkatkan ke Tangerang keesokan harinya. “Ini kegiatan biasa, agar mobilnya bersih dan mengkilap,” kata Rudy.

Dia menjelaskan selama di perjalanan mereka juga akan singgah di tempat pencucian mobil. “Kami akan berhenti tiap 100 kilometer,” kata Rudy. Dia berharap sesampai di Tangerang kondisi mobil itu masih prima dan bersih.

AHMAD RAFIQ

Berita terkaitDemi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti MobilIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi Mereka yang Bangga Merakit Mobil EsemkaMulai 2012, Jokowi Pakai Mobil Dinas Rakitan Test Drive Mobil Esemka, Pak Dubes Pun Tergoda

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi