Rio Haryanto Jajal Formula 1
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 11 Juli 2012 23:28 WIB
Rio Haryanto. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Jakarta -  Pembalap Indonesia Rio Haryanto mendapat kesempatan menjajal balapan Formula 1. Pembalap Marussia Carlin GP2 Team ini bersama rekan setimnya, Max Chilton akan mengikuti program Formula 1 Young Driver Test di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 12-13 Juli 2012. Program ini merupakan bagian dari Marussia F1 Team Young Driver Programme.

"Saya sangat berterima kasih kepada tim Marussia F1 yang telah memberikan saya kesempatan ini, dan kepada Pertamina yang telah membantu mewujudkan ini," kata Rio dalam keterangannya, Rabu, 11 Juli 2012.

"Setelah bekerja sama dengan tim Marussia sejak tiga tahun terakhir, di GP3 dan GP2, saya merasakan menjadi bagian dari tim dan saya menyadari bahwa mereka terus memantau setiap kegiatan balapan saya selama ini dengan penuh antusiasme," ujar Rio.

Ini adalah kali kedua Rio menjajal Formula 1. Pembalap asal Solo ini sempat mengendarai mobil F1 selama setengah hari saat sesi testing di Abu Dhabi, 2010 lalu. Pada kesempatan ini, ia mengaku lebih siap dari segi teknis dan kebugaraan.

“Kesempatan ini sangat berharga. Saya sangat menantikan sesi uji coba ini. Saya berharap ini menjadi satu langkah lagi lebih dekat untuk menjadi pebalap Indonesia pertama yang akan berlaga di kejuaraan dunia FIA Formula One,” kata Rio.

Rio dan Chilton tampil positif di tujuh series kejuaraan GP2Series musim ini. Rio saat ini menempati peringkat 15 klasemen sementara, sedangkan Chilton di posisi kelima. Tim Marussia memberi kesempatan mereka testing dua hari menggunakan mobil 2012MR-01. Hari pertama di sirkuit Grand Prix dan hari kedua di sirkuit International.

Prinsipal Marussia F1 Team, John Booth mengatakan kesempatan uji coba ini untuk membuktikan potensi mereka. Tim Marussia F1 selama ini telah mendapatkan kesan positif atas penampilan mereka dalam musim balap GP2. Rio telah bekerja sama dengan tim sejak tahun 2010, saat ia pertama kali membalap di GP3.

Booth menjelaskan dalam program ini Rio dan Chilton akan memperoleh pengalaman balapan dalam kondisi track yang berbeda-beda. Selain itu, mereka akan merasakan bekerja sama dengan teknisi balap F1 dan berkesempatan melakukan simulasi kualifikasi dan balapan.

"Kondisi Rio dan Max cukup bugar, namun program ini akan memberikan informasi penting bagaimana melakukan pendekatan fisik dan mental dalam balap Formula 1” kata Booth.

RINA WIDIASTUTI

Berita terkait:Chandra Alim: Rio Punya Modal ke F1Blakblakan dengan Rio Haryanto Soal F1 Sibuk Balapan, Rio Haryanto Tak Punya Waktu PacaranRio Haryanto Pilih Senna Ketimbang SchumacherBalapan Feature Silverstone, Rio Start Posisi 12

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi