Inggris Bangun Sentra Industri Otomotif  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 21 Februari 2013 14:21 WIB
Seorang pekerja memasang roda pada mobil Land Rover Discovery di pabrik Land Rover di Solihull, Inggris. REUTERS/Darren Staples

TEMPO.CO, London - Pemerintah Inggris tengah merampungkan pembangunan sentra industri komponen kendaraan yang menyuplai beberapa pabrikan terbesar di dunia. Proyek tersebut ditargetkan selesai pada 2015.

Kantor berita BBC mengabarkan sentra produksi tersebut berada di lahan reklamasi Semenanjung Wirral, Merseyside, sebelah timur laut Inggris. Kawasan industri yang dikelola oleh Peel Holdings itu akan memasok komponen untuk Jaguar, Land Rover, Vauxhall, Rolls Royce dan produsen lainnya. Proyek ini didukung pemerintah Inggris melalui skema insentif pembebasan pajak selama beberapa tahun.

Menurut Direktur Strategis Wirral Council, Kevin Adderley, selama ini produsen kendaraan asal Inggris selalu memperoleh pasokan komponen dari negara lain. Agar mempersempit defisit neraca perdagangan, pemerintah dan industriawan sepakat untuk "melokalisasi" produksi komponen di Wirral. "Di Inggris, tak ada satu pun produsen yang tidak tergantung komponen impor," kata dia.

Hal tersebut diakui oleh Direktur General Motor cabang Inggris, Phil Milwood. Menurut dia, ongkos paling besar adalah mengangkut komponen otomotif dari negara produsen. "Ongkosnya tentu lebih murah jika mereka bisa membuat komponen di sini," ujarnya.

FERY FIRMANSYAH

Berita otomotif lainnya:BMW Tarik 720 Ribu Unit MobilnyaMercedes Banjiri Pasar Mobil Mewah Amerika SerikatChrysler Terancam Recall Besar-besaranHonda Pangkas Proyeksi Laba Bersih2013, Honda Targetkan Penjualan Naik 15-20 PersenEmpat Tahun, Mobil Listrik Tumbuh 1 PersenAll New Suzuki Swift Ramaikan Pasar Hatchback

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi