Etios Valco, City Car Andalan Toyota  
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan Adiwijaya
Senin, 11 Maret 2013 15:54 WIB
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan (kiri) beserta Presdir Toyota Motor Manufacturing Indonesia Nonami (kanan) dan Chief Engineer Etios Jepang Akio Nishimura (tengah) berpose bersama di samping mobil Etios Valco saat peluncurannya di Jakarta, Senin (11/3). ANTARA/Bennami

TEMPO.CO, Jakarta -PT Toyota Astra Motor menghadirkan produk terbarunya, Toyota Etios Valco. Chief Engineering Toyota Etios Valco, Akio Nishimura, mengatakan city car tersebut juga sudah dijual di India, Afrika Selatan, serta Brazil.

Toyota mentargetkan penjualan Etios Valco sebanyak 2.000 unit per bulan untuk seluruh wilayah Indonesia. "Kami ingin mencapai market share 30 persen," kata Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto dalam konferensi pers di Senayan City, Senin, 11 Maret 2013.

Mobil bermesin 1200 cc ini, akan dipatok Rp 135 juta sampai Rp 161 juta. Sedan kecil ini akan bersaing dengan Honda Brio, Nissan March, Suzuki Splash, Mitsubishi Mirage, Chevrolet Spark, dan juga Kia Picanto.

Etios diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Saat ini, Toyota belum berencana mengekspor Etios. "Sementara fokus untuk kebutuhan domestic market di Indonesia dulu," ujar Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Masahiro Nonami.

Akio mengatakan Toyota akan menggunakan 55 persen kandungan lokal dalam memproduksi Etios. Perusahaan pun mentargetkan penggunaan kandungan lokal hingga 80 persen di masa yang akan datang.

Toyota mulai mendesain Etios pada 2006. Akio menambahkan Toyota memiliki pertimbangan dalam menciptakan city car tersebut. Toyota melihat adanya inspirasi dari negara berkembang, seperti Indonesia. Di negara berkembang, katanya, banyak keluarga yang baru memiliki mobil untuk pertama kalinya. “Toyota melihat hal itu sebagai sebuah peluang.”

Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan menjelaskan, produksi Etios Valco akan dilakukan di "plant" baru Toyota di Karawang, Jawa Barat. Produksi tersebut menjadi bagian dari komitmen investasi Toyota di Indonesia sebesar Rp 13,3 triliun dalam lima tahun mendatang. Johnny pun mengatakan, Indonesia menjadi basis pasar sekaligus produksi Toyota di Asia dengan kepercayaan dari Toyota Motor Corporation (TMC).MARIA YUNIAR

Berita terpopuler:Akses Internet Cepat dalam KendaraanFerrari Luncurkan Mobil Hibrida TercepatGara-gara Gadget, Banyak Remaja Tewas di Jalanan  General Motors Tingkatkan Produksi Mobil HybridBegini Cara Jokowi Lepaskan Diri dari HerculesRustriningsih Ditolak PDIP Karena Tak Santun Berpolitik  Wawancarai Aher, Sejumlah Wartawan Dipukul PetugasHercules Ditangkap, Premanisme Masih Tinggi

#Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi