ROPITS, Mobil Robot Mini Tanpa Pengemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 13 Maret 2013 08:51 WIB
ROPITS. Dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Tsukuba - Inovasi teknologi dari Jepang seolah tak pernah habis. Salah satu produk inovatif termutakhir dirilis oleh produsen elektronik dan permesinan Hitachi Corp, yakni mobil tanpa pengemudi berukuran kecil untuk mengangkut penumpang.

Daily Mail mengabarkan, mobil ini bernama Robot for Personal Intelligent Transport System atau disingkat ROPITS. Sesuai namanya, mobil ini dikendalikan oleh robot yang membawa penumpang dengan panduan perangkat penunjuk arah berbasis satelit, Global Positioning Systems (GPS).

Awalnya, ROPITS dikembangkan untuk membantu mereka yang memiliki kendala berjalan, seperti kaum usia lanjut. Selain melaju di jalanan, mobil ini dirancang untuk bisa melintasi trotoar. Namun belum diketahui data teknis plus ukuran ROPITS.

Di kota Tsukuba Prefektur Ibaraki, ROPITS berlaku laksana taksi. Para penumpang memanggil ROPITS di sejumlah halte dan mengetik lokasi yang hendak dituju pada peta dalam GPS. Si ROPITS pun siap melesat, tanpa perlu disetir.

Meski dirancang sebagai driverless car, Hitachi tetap menambahkan perangkat kemudi manual pada ROPITS. Alat pengendali berbentuk joystick ini bisa digunakan dalam kondisi darurat. Penumpang tinggal memainkan joystick sesuai arah yang dituju sembari memelototi monitor GPS. Mirip main video game!

Untuk fitur keamanan, ROPITS dibekali sensor laser jarak jauh yang berfungsi mencegah tabrakan. Ada juga gyro sensor untuk menjaga posisi penumpang tetap tegak saat menemui hentakan di jalan. ROPITS juga dilengkapi dengan suspensi aktif yang mengontrol masing-masing roda.

NUR ROCHMI

#Mobil Listrik

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi