Nissan dan Honda Tarik Delapan Varian Mobil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Kamis, 21 Maret 2013 11:59 WIB
Honda CR-Z, Hemat dan Sporty

TEMPO.CO, Tangerang - Kementerian Perhubungan menyatakan menerima laporan dari Atase Perhubungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo mengenai pabrikan Honda dan Nissan yang menarik sejumlah mobil dari pasaran. "Tapi sampai saat ini belum ada yang dipasarkan di Indonesia," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S. Ervan, saat dihubungi Tempo, Kamis, 21 Maret 2013.

Produk Honda yang ditarik dari peredaran adalah Honda Pilot SUV, Honda Acura MDX, serta Honda Acura RL yang mulai diproduksi pada 2005. Sementara itu, Nissan menarik kembali Nissan Altima, Nissan Leaf, Nissan Pathfinder, Nissan Sentra dan Nissan Infinity JX35 SUV. Seluruh varian Nissan tersebut diproduksi pada 2013.

Kementerian Perhubungan menyatakan mobil-mobil yang ditarik itu sebagian besar dipasarkan di Eropa dan Amerika. "Namun, tidak menutup kemungkinan apabila di Asia, termasuk Indonesia, juga terdapat produk yang sama," kata Atase Perhubungan KBRI Tokyo, Popik Montanasyah. Oleh karena itu, ia menjelaskan, para pemilik disarankan membawa kendaraan dengan tipe-tipe tersebut ke dealer resmi dan perusahaan akan memberikan perbaikan atau penggantian secara gratis.

Honda mengumumkan penarikan tersebut setelah ditemukan adanya permasalahan dalam sistem bantu stabilitas kendaraan atau vehicle stability assist (VSA) yang berhubungan dengan pengereman kendaraan. Sebagai indikasi, rem mendapat tenaga lebih dari yang diberikan pengemudi. Bahkan, dalam beberapa kejadian, rem bekerja ketika pengemudi tidak menginjak pedal rem.

Sementara itu, Nissan menemukan adanya permasalahan terhadap sistem sensor kantong udara di depan kursi penumpang atau occupant detection system (ODS). Oleh karena itu, Nissan menarik lima produksi yang mengalami kerusakan sensor otomatis itu.

MARIA YUNIAR

Terpopuler:KUHP Baru, Lajang Berzina Kena 5 Tahun Penjara Mengapa Ibas Laporkan Yulianis ke Polisi Ramai-ramai Patok 'Kebun Binatang' Djoko Susilo Jokowi Tak Persoalkan Hengkangnya 90 Perusahaan Adi Sasono Emoh Makan Burung Merpati dan Kelinci SBY Tinjau Latihan Timnas PSSI Besok David De Gea Betah di Manchester United

#Produksi Mobil
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi