Mazda Luncurkan Sedan Premium Irit BBM
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Kamis, 11 April 2013 19:29 WIB
Seorang model memperkenalkan mobil terbaru dari Mazda alam peluncuran All-New Mazda6, di Jakarta, Rabu (10/4). PT Mazda meluncurkan mobil terbaru dengan penerapan Skyacktiv Technology sebagai salah satu mobil sedan premium unggulan di Indonesia dengan harga sekitar Rp. 520 juta per unit. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - Agen pemegang merek Mazda di Indonesia, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meluncurkan All-New Mazda6 yang memiliki keunggulan dalam efisiensi bahan bakar. Sedan kelas premium dengan mesin 2.500 cc ini dilengkapi beberapa teknologi yang membuat mobil ini bisa menghemat bahan bakar sampai 20 persen dibandingkan mobil lain dengan kapasitas sama.

"Mobil ini berbeda dari sedan premium lain karena beberapa teknologi baru yang kami anut," kata Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia, Keizo Okue, saat peluncuran di Jakarta, Kamis, 11 April 2013. Mobil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 535 juta. MMI menargetkan menjual All-New Mazda6 sebesar 200 unit per tahun.

Untuk efisiensi bahan bakar, mobil ini menggunakan teknologi sky activ pada mesinnya yaitu SKYACTIV-G 2.5, dengan transmisi SKYACTIV- Driuve, dan SKYACTIV Chassis. Teknologi ini memungkinkan mobil mengirit bahan bakar sebesar 10 persen. Mesin memiliki konfigurasi 2.488 cc, 4 cylinder inline, DOHC, 16 katup dengan injeksi bensin langsung.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem idle-stop (i-stop) di mana mesin mobil akan berhenti secara otomatis saat pedal rem ditekan maksimal dan saat mobil berhenti di tengah kemacetan lalu lintas. Mobil akan menyala otomatis saat pedal rem dilepaskan. "Sistem i-stop bisa menghemat bahan bakar sebanyak 5 persen," kata Chief Program Engineer Mazda Motor Corporation, Hiroshi Kajiyama. Sedan ini juga dilengkapi dengan teknologi i-ELOOP untuk menghemat bahan bakar. Sistem ini adalah sistem pengereman regeneratif yang menghasilkan listrik saat pengemudi melepaskan pedal gas. Kapasitor nantinya akan menyimpan sejumlah energi untuk diekstrak secara efisien. Energi kemudian dialirkan pada lampu depan, sistem audio, dan sistem listrik mesin. Teknologi ini mampu menghemat 5 persen bahan bakar.

Sedan ini terdiri atas lima warna, Sould Red Metallic, Snowflake White Pearl, Alumunium Metallic, Meteor Grey Mica, dan Jet Black Mica.

ANANDA TERESIA

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi