GM Lengkapi Mobil dengan Charger Nirkabel  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 20 Agustus 2013 09:11 WIB
General Motors Logo

TEMPO.CO, Detroit - Produsen mobil terbesar di Amerika Serikat, General Motors (GM), membuat inovasi baru. Perusahaan yang bermarkas di kota Detroit ini akan melengkapi mobil buatannya dengan pengisi daya listrik (charger) tanpa kabel.

Kepala Eksekutif Powermat Technologies Ltd, Ran Poliakine, mengatakan perusahaannya akan menjadi rekanan GM dalam pengadaan charger nirkabel untuk mobil. Inovasi ini rencananya diterapkan pada beberapa mobil keluaran 2014.

Dia mengatakan, GM akan menjadi produsen pertama yang menanamkan charger nirkabel ini pada mobil. "Mobil dan ponsel pintar adalah produk yang mengiringi keseharian semua orang, teknologi ini akan memadukan keduanya," kata dia, seperti dikutip dari Autonews, Selasa, 20 Agustus 2013.

Sebelumnya, Powermat bekerja sama dengan gerai kopi Starbucks dalam menyediakan charger nirkabel. Di kedai kopi tersebut, mereka membuat charger lembaran panel plastik berbentuk lingkaran.

Kala hendak mengisi daya, pengunjung Starbucks tinggal meletakkan gadget-nya di atas panel tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya sama dengan charger biasa. Namun, belum diketahui seperti apa bentuk charger yang akan diterapkan Powermat dalam mobil.

Kabarnya, Powermat menanamkan investasi lebih dari US$ 80 juta (Rp 854 miliar) untuk mengembangkan charger ini. Sedangkan GM sudah mengumumkan rencana investasi sebesar US$ 5 juta (Rp 53,4 miliar) pada Januari 2011, menanamkan investasi senilai untuk mempromosikan penggunaan charger nirkabel dalam mobil.

NUR ROCHMI | FERY FIRMANSYAH

Topik Terhangat:Suap SKK Migas | Penembakan Polisi | Pilkada Jatim

Berita Terkait:KPK Minta Rudi Blak-blakan Soal Suap SKK MigasGerak-gerik Rudi Sudah Diawasi Sejak MeiBelum Jujur, KPK Berharap Rudi Dapat Hidayah

#Produksi Mobil
#Chevrolet

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi