Fitur Beri Nilai Lebih Bagi Honda Mobilio
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Jumat, 14 Februari 2014 05:50 WIB
Tampak Sedan Honda Mobilio saat Wakil Presiden Boediono dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengunjungi stan Honda di pembukaan pameran IIMS, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta (19/9). Pameran ini dibuka oleh Wapres Boediono diampingi Ahok. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO , Jakarta - Pengamat Otomotif Suhari Sargo mengatakan mobil jenis low MPV (multi purpose vehicle) keluaran Honda yaitu Honda Mobilio memiliki muatan yang sama dengan low MPV lain di kelasnya. Ia mengatakan mobil keluarga kelas menengah buatan honda ini meskipun ada beberapa fungsi yang terbatas jika dibandingkan dengan mobil jenis MPV, namun, memiliki kelebihan lain dibanding kompetitornya.

"Honda itu punya spesifikasi sendiri khas Honda, fitur-fitur biasanya lebih disesuaikan. Itu yang menjadi daya tarik Honda sendiri," kata Suhari Sargo Pengamat Otomotif ketika dihubungi, 13 Februari 2014. Ia mengatakan keterbatasan beberapa fungsi di satu sisi kendaraan tersebut, digantikan dengan beberapa kelebihan lain yang tidak diberi oleh mobil sejenis di kelasnya. (Baca juga : Februari, 3.000 Unit Mobilio Dikirim ke Konsumen)

Fitur-fitur Honda memberi nilai lebih terhadap mobil yang harganya di kisaran Rp 150 juta hingga Rp 200 juta tersebut. Ia mengatakan pelayanan Honda yang terjamin seperti service kendaraan, ketersediaan spare part dan jaminan-jaminan lain menjadi poin yang membuat kendaraan keluaran Honda tetap dilirik konsumen.

Ia mengatakan pertumbuhan pasar kendaraan roda empat pribadi di mayarakat akan terus tumbuh dari tahun ketahun. Ia mengatakan peluang itu memberi kesempatan kepada siapapun untuk bermain di mobil kelas low MPV. (Lihat juga : Test Drive Mobilio : Penantang Baru Minibus Murah)

Sementara Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan Honda Mobilio memang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Ia mengatakan Honda sengaja melakukan survei terlebih dahulu kepada konsumen untuk mengetahui detail kebutuhan kendaraan yang diinginkan masyarakat.

Honda Mobilio memiliki beberapa kelebihan diantaranya dual airbag, eco indicator yang dapat memberi informasi real time mengenai mengemudi hemat bahan bakar, ABS (anti-lock bracking system), EBD (electronic brake-force distribution), ISOFIX dan tether yang berfungsi untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris kedua. (Berita terkait : Mobilio Belum Akan Mampu Geser Avanza dan Xenia)

Ia mengatakan Honda juga melihat adanya kemungkinan pergeseran konsumen dari produk MPV Honda ke produk Honda di kelas low MPV tersebut. "Memang kami melihat ada kemungkinan pergeseran itu ke depannya," kata Johnfis ketika ditemui sepekan lalu di Jogjakarta.

MAYA NAWANGWULAN

Terpopuler :Porsche Optimistis Catat Penjualan 200 Ribu Unit  Peugeot-Dongfeng Sepakat Tambah Modal US$ 5,5 M  Tahun ini Persaingan Pasar Otomotif Makin Sengit

#Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi