Toyota Ekspor Vios ke Timur Tengah  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rr. Ariyani Yakti Widyastuti
Rabu, 26 Maret 2014 11:45 WIB
Dua orang model, saat memperkenalkan sedan mini terbaru All New Vios produksi PT Toyota Astra Motor dalam acara peluncuran, di Jakarta, 7 Mei 2013. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan mulai mengekspor mobil jenis sedan Vios dalam volume besar ke Timur Tengah. Ada sepuluh negara yang menjadi tujuan ekspor, antara lain Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, Libanon, dan Yaman.

Ekspansi ini dilakukan setelah sebelumnya perusahaan sukses mengirim Toyota Vios rakitannya ke dua negara tetangga, yakni Brunei Darussalam dan Singapura. "Ekspor tahap awal 1.000 unit, dan akan meningkat bertahap menjadi 3.000 unit per bulan," kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Masahiro Nonami di Karawang, Rabu, 26 Maret 2014.

Nonami menyatakan kegiatan ekspor ini akan berkontribusi positif terhadap neraca perdagangan Toyota Indonesia. Pengiriman dalam jumlah masif ini sebagai salah satu komitmen Toyota untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

Peresmian ekspor dilakukan di pabrik Toyota, di kawasan industri Karawang Jabar Industrial Estate. Pabrik ini dibangun dengan investasi Rp 3,3 triliun, mulai berproduksi akhir 2013. Sejak ekspor pada 1987 hingga 2013, Toyota telah mengirimkan lebih dari 560 ribu unit kendaraan utuh ke mancanegara dengan total nilai sekitar US$ 11 miliar.

Dalam acara ini, sejumlah pejabat hadir, seperti Menteri Perindustrian M. S. Hidayat dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Juga sepuluh perwakilan duta besar negara-negara tujuan ekspor.

TRI ARTINING PUTRI

Berita terpopuler:Apa Dasar PM Najib Sebut Seluruh Penumpang MH370 Tewas?Ping Terakhir Malaysia Airlines Tak DimengertiPolitisi Malaysia Minta Informasi MH370 Dibatasi

#Industri Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi