Ducati Buat Airbag untuk Pengendara Sepeda Motor
Reporter: Tempo.co
Editor: M. Nur Rochmi
Jumat, 25 April 2014 10:30 WIB
Ducati Monster 1200S dan Ducati Monster 1200 2014 memiliki mesin Testastretta 11 derajat dengan kecepatan 1,198cc dan menggunakan 6 kecepatan transmisi sehingga mampu mengeluarkan tenaga hingga 145hp untuk Monster 1200S dan 135 Monster 1200. motoroids.com

TEMPO.CO, Jakarta- Sistem keamanan airbag atau kantong udara lazim dipasang pada mobil untuk keamanan pengemudinya. Sedangkan pengendara sepeda motor hanya mengandalkan helm. Sayangnya, dengan memakai helm, bagian tubuh selain kepala tidak terlindungi.

Untuk mengatasi hal ini, Ducati menggandeng perusahaan pakaian Dainese untuk membuat airbag bagi pengendara sepeda motor. Airbag ini, seperti dilansir Business Insider, Rabu, 23 April 2014, bakal ditanamkan pada jaket.

Airbag ini dilengkapi sensor akselerometer yang bisa membaca kecelakaan dengan cepat. Jika ada kecelakaan, sensornya bisa langsung merespons dalam jarak waktu 45 milidetik sehingga jaket bisa langsung menggembung sebelum pengendara jatuh. Dengan begitu, kantung udara melindungi tubuh dari cedera.

Menurut Ducati, sistem airbag ini bisa menekan cedera dada sebesar 92 persen dan cedera punggung 82 persen. Berapa harganya? Sayangnya, airbag ini dijual sepaket dengan Ducati Multistrada 1200. Harga sepaketnya US$ 20 ribu atau sekitar Rp 230 juta.

Baca berita otomotif lainnya di sini.

NUR ROCHMI | BUSINESS INSIDER

Berita Lain:GM Tanam Modal Rp 136 Triliun di CinaAturan Mobil Listrik Belum Terbit, Dahlan KesalMobil Konsep di New York Auto Show, Apa Saja?Tiga Model Jeep Bakal Dibuat di Tiongkok

#Info Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi