Sulitnya Me-recall Mobil Lawas
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 14 Juli 2014 23:15 WIB
supercars.dk

TEMPO.CO, Jakarta - Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia, telah mengumumkan program penggantian komponen airbag inflator untuk mobil Honda Accord produksi tahun 2003. Penggantian komponen yang terdapat pada airbag di sisi penumpang depan itu perlu dilakukan akibat proses produksi yang tidak sesuai dengan prosedur. (Baca: Airbag Bermasalah, Honda Tarik Accord Tahun 2003)

Presiden Direktur HPM, Tomoki Uchida menjanjikan mulai 22 September mendatang, Honda akan menarik 840 mobil lawas itu secara bertahap dan memperbaiki komponen tersebut secara cuma-cuma. Pemilik Honda Accord diminta mendatangi dealer Honda terdekat untuk melakukan penggantian.

"Ini upaya kami untuk memastikan seluruh produk Honda terjaga standar kualitasnya. Penggantian akan dilakukan tanpa memungut biaya, termasuk untuk produk yang telah lama berada di tangan konsumen," ujar Tomoki Uchida, Presiden Direktur Honda Prospect Motor, dalam keterangan pers, Jumat pekan lalu.

Namun, Service Manager PT Auto Daya Keisindo--salah satu bengkel resmi Honda--menilai proses recall untuk mobil keluaran lama biasanya susah dilakukan pemanggilan. Ia mengambil contoh kasus recall Honda Jazz keluaran 2008 yang mengalami masalah pada bagian mesin di tahun 2012.

Pada waktu recall dimulai, kurang ada antusiasme dari pelanggan untuk mengganti bagian gagal produksi tersebut. "Kebanyakan karena sudah pindah tangan pemilik, karena yang kita pegang adalah data awal pembeli," ujar dia kepada Tempo, Ahad, 13 Juli 2014.

Strategi yang biasa dilakukan bengkel tersebut adalah melakukan penyisiran pada mobil yang melakukan servis yang teridentifikasi untuk dilakukan recall. "Kalau ada yang servis sekalian diperiksa apakah sudah dilakukan penggantian part atau belum," kata Sarifudin.

HERMAWAN SETYANTO

Terpopuler:Soal Dukung Jokowi, Demokrat Tidak Haus KekuasaanKepindahan Arturo Vidal ke MU Tinggal Tunggu WaktuSaksi Prabowo di Tamansari Juga Tolak Tanda TanganPendukung Prabowo Sepakat Tunggu Hasil KPU

#Info Otomotif
#PT Honda Prospect Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi