Rio Haryanto Tampil Bersama Campos Racing
Reporter: Tempo.co
Editor: Budi Riza
Sabtu, 7 Februari 2015 10:20 WIB
Pembalap Pertamina GP2 dari tim Barwa Addax, Rio Haryanto mengendarai mobilnya di perlombaan GP2 di sirkuit Monza, Italia, (8/9). Dalam race itu Rio berhasil finish di posisi tujuh dan memperoleh dua poin. ANTARAFOTO/FANNY OCTAVIANUS

TEMPO.COJakarta - Pembalap Rio Haryanto akan kembali tampil dalam lomba balap mobil GP2 Series 2015. Tahun ini, Rio bergabung dengan tim Campos Racing, yang juga menaungi pembalap asal Prancis, Arthur Pic.

"Saya sangat senang bisa kembali di GP2 tahun ini dan berharap bisa bekerja sama dengan Campos," kata Rio Haryanto, seperti dikutip dalam siaran pers Campos Racing, Jumat malam, 6 Februari 2015.

Pembalap asal Surakarta itu mengungkapkan alasannya bergabung dengan tim barunya ini. "Campos Racing adalah tim yang kuat dan sangat berkomitmen untuk bisa sukses."

Tim asal Spanyol itu memiliki catatan yang bagus dalam kiprahnya di panggung balap internasional. Pada 2008, mereka berhasil merebut gelar GP2 dan tampil sebagai pesaing papan atas di berbagai balapan. Bermarkas di Valencia, tim itu memiliki program balap F4, EuroFormula Open, GP3, dan GP2.

Alasan lain, ujar Rio, di Campos Racing, ada Adrian Campos, mantan pembalap Formula 1 sekaligus pendiri Campos Racing di Spanyol pada 1998. "Adrian adalah motivator yang baik," tuturnya.

Rio, 22 tahun, dijadwalkan memulai seri perdananya di Sirkuit Sakhir, Bahrain, 17-19 April 2015. Pertamina masih menjadi sponsor Rio pada musim balap tahun ini.

Rio mengawali kariernya dengan menjuarai ajang gokar nasional dan berlanjut mendominasi Formula BMW Pasifik 2009. Tahun berikutnya, dia naik ke lomba balap GP3.

Dua tahun tampil di GP3, Rio meraih tiga kemenangan. Kemenangan itu diraihnya saat cuaca hujan, yang menyulitkan pembalap lain. Rio juga pernah meraih kemenangan di Valencia pada musim pertamanya di kejuaraan AutoGP.

Pada 2012, Rio naik level ke GP2. Rio kembali menunjukkan keahliannya tampil di track basah dengan sukses mencetak pole position dan lap tercepat di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Posisi podium kemudian menyusul di Silverstone, Inggris, dan jalan raya Monte Carlo, Monaco.

Mengawali musim kompetisi 2015, Rio telah menjalani uji coba pascamusim GP2 Series 2014 di Abu Dhabi. Penampilannya cukup menjanjikan. Dari tiga uji coba menempuh 173 putaran di Sirkuit Yas Marin, Rio mampu menyelesaikan semua lap tanpa masalah berarti. Pada setiap sesi pagi, catatan waktunya konsisten selalu masuk daftar lima besar pembalap tercepat.

Adapun Adrian Campos mengaku senang Rio bergabung dengan timnya. "Saya menyambut hangat kedatangan Rio. Saya senang karena dia pembalap berpengalaman," ujarnya. "Kami akan memberi dukungan penuh untuk hasil yang baik."

RINA WIDIASTUTI

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi