All New Fortuner Siap Kembali Pimpin Segmen SUV
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Senin, 11 Januari 2016 16:20 WIB
Toyota All New Fortuner. bisnis.com

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Astra Motor berencana mengaspalkan model terbaru Fortuner guna mendongkrak volume penjualan serta merebut kembali kepemimpinan pasar segmen sport utility vehicle atau SUV.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), sepanjang Januari sampai November tahun lalu penjualan segmen SUV mencapai 51.226 unit. Jumlah itu mengalami peningkatan 1,7% dari capaian tahun sebelumnya yang sekitar 50.338 unit.

Pada 2014, Fortuner mencetak penjualan 16.985 unit atau setara dengan 33,1% pasar segmen SUV. Sayangnya pada tahun lalu, catatan penjualan tersebut hanya sekitar 9.577 unit. Pada 2015 itu, Fortuner memegang pangsa 18,6% dari total pasar sekitar 51.226 unit.

Penurunan penjualan Fortuner mendorong PT Toyota Astra Motor (TAM) menyiapkan strategi untuk melancarkan serangan balik. Itu sebabnya, di awal tahun ini, TAM siap meluncurkan All New Fortuner sebagai andalan terbaru. “Akhir Januari, resmi kami akan meluncurkannya,” ucap Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto kepada Bisnis, Minggu (10 Januari 2016).

Umumnya kebiasaan selama ini, tiap kali agen pemegang merek (APM) akan mengganti produk yang tengah eksis, maka produk lawas pun berkurang di pasaran. Tak heran, Fortuner pun mengalami kemerosotan tajam.

Baca juga: Toyota New Fortuner Segera Diluncurkan, Ini Perkiraan Kisaran Harganya

Henry mengungkapkan dengan kehadiran All New Fortuner, maka TAM membidik kepemimpinan pasar segmen SUV. Dengan kata lain, kejayaan Fortuner minimal dikembalikan ke level 33% dari total pasar SUV. “Kami optimistis dengan target tersebut,” tambah Henry.

Presiden Direktur PT TAM Hiroyuki Fukui mengungkapkan pengembangan All New Fortuner ini telah disokong berdasarkan Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Tak pelak, produk yang dibesut di pabrik milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, menurut Fukui, semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi strategis segmen SUV dalam peta Toyota Global.

Harga Jual

Di sisi lain, berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, harga produk tersebut masih cukup mencerminkan kelas SUV atas. Beberapa tenaga pemasar Toyota menginformasikan harga All New Fortuner menembus kisaran Rp550 juta.

Spesifikasi All New Fortuner antara lain mesin dengan teknologi terbaru dari mesin GD dengan VN-Turbo Intercooler  untuk diesel. Adapun mesin New TR dengan Dual VVT-i Technology untuk bensin.

Varian All New Fortuner, yakni 4x2 2.7 SRZ A/T dengan mesin bensin, serta 4x2 diesel yang hadir pada 2.4 VRZ A/T dan 2.4 G baik manual maupun otomatis. Selanjutnya, terdapat pula varian 4x4.

TAM mengklaim mesin tipe GD merupakan teknologi diesel mutakhir dari Toyota yang mampu menampilkan performa lebih besar, serta dapat menekan konsumsi bahan bakar. Adapun new gasoline engine, New TR menghasilkan akselerasi responsif dengan peningkatan tenaga dan mendukung efisiensi bahan bakar hingga titik optimal.

Selain itu, baik tipe A/T maupun M/T dilengkapi dengan transmisi enam percepatan, diklaim dapat menghadirkan perpindahan gigi yang halus, torsi sangat powerful meski di RPM rendah, sehingga sangat sesuai dengan kondisi geografis di Indonesia. Selain itu, suasana fun to drive juga hadir berkat fitur ECO/Power Mode (A/T).

Dari sisi pengembangan produk, eksterior All New Fortuner tampil dengan dua pilihan warna baru, Avantgarde Brown Metallic dan Phantom Brown Metallic. All New Fortuner pun dilengkapi dengan fitur Power Back Door untuk memberikan kenyamanan saat pengoperasian pintu bagasi.BISNIS.COM

#Industri Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi