GIIAS 2016, Arena Tarung MPV Terbaru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 11 Agustus 2016 12:42 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) melihat mesin mobil disalah satu stan dalam Pameran otomotif berskala internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, 11 Agustus 2016. Tempo/ Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta - GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIAS) 2016 resmi dibuka di ICE Bumi Serpong Damai, Banten, Kamis, 11 Agustus 2016. Dalam pameran yang berlangsung hingga 21 Agustus 2016, ada 31 merek mobil yang dipamerkan, terdiri atas 25 merek kendaraan angkut dan 6 kendaraan niaga.

Dari seluruh segmen mobil penumpang, varian multi purpose vehicle (MPV) bakal jadi sorotan. Tak bisa dimungkiri, mobil yang juga tenar disebut minibus ini adalah model paling laris di Indonesia. Alasannya ialah daya angkut yang besar (7 penumpang), pajak relatif murah (dibandingkan sedan) serta konsumsi bahan bakar yang relatif irit.

Beberapa produsen ternama bahkan berani memasarkan MPV dengan rentang harga paling murah dibandingkan lini produk lainnya. Lantaran pesona MPV yang sangat kuat di benak konsumen Indonesia, para peserta GIIAS 2016 memboyong varian-varian andalannya. Sebagian masih berupa konsep, ada juga yang siap dipasarkan dalam waktu dekat.

Apa saja MPV calon primadona pasar otomotif nasional?

1. Toyota Calya dan Sienta

Dalam waktu yang berdekatan, PT Toyota Astra Motor meluncurkan dua varian MPV pada segmen berbeda. Selain Toyota Sienta yang dipasang pada lini MPV low-medium, di bawah Toyota Kijang Innova, ada juga Toyota Calya. Varian terbaru ini digadang-gadang sebagai bintang GIIAS 2016, lantaran menjadi MPV untuk segmen low cost green car menyaingi Datsun GO+. Sienta dan Calya juga jadi sorotan lantaran menawarkan alternatif kendaraan pada dua segmen harga yang kompetitif dibandingkan merek lain.

2. Daihatsu Sigra 

Mengulang sukses mobil kembar Avanza-Xenia, PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan Daihatsu Sigra sebagai sandingan Toyota Calya. Sama-sama bermain di segmen LCGC, Daihatsu Sigra punya spesifikasi yang lebih "low" seperti mesin 1.000 cc. Soal fitur, Sigra tak bisa dianggap sepele karena sudah di atas LCGC pada umumnya.

3. Wuling Baojun 730 dan Wuling Hongguang

SAIC-GM-Wuling (SGMW) membuktikan janjinya untuk bermain di segmen MPV pada GIIAS 2016. Dalam beberapa kesempatan,  Presiden Wuling Motor, Xi Feiyun, mengatakan akan membawa model Hongguang dan Baojun 730, yang nantinya dibuat di Indonesia. Melihat spesifikasinya, Wuling Hong Guang yang memakai mesin 1,2 liter dan 1,5-liter agaknya bermain di segmen low MPV. Sedangkan Baojun 730 bermesin 1,5 liter dan 1,8 liter masuk di kelas premium. Berapa harganya? Nantikan penampilan keduanya di GIIAS 2016.

4. Mitsubishi XM Concept

Bos Mitsubishi Motor Corp, Osamu Masuka, terbang jauh-jauh dari Tokyo ke Jakarta untuk memperkenalkan model ini. XM Concept, kata dia, adalah hasil penggabungan minibus yang irit bahan bakar dengan SUV yang tangguh. Dia pun mengklaim model ini akan dibuat di Indonesia, dengan platform khusus. Inilah jawaban Mitsubishi di segmen MPV, yang lama mereka tinggalkan setelah era kejayaan Mitsubishi Colt, Colt T120, L300, dan Mitsubishi Kuda.

5. Kia Sedona

Selepas Kia Carnival dan Carens, produsen asal Korea ini belum menghadirkan produk MPV barunya di Indonesia. Pada GIIAS 2016, PT Kia Mobil Indonesia bakal menghadirkan Kia Sedona yang akan menggantikan Carnival di segmen medium MPV. Meski Kia belum menyebutkan spesifikasi mobil ini, beredar kabar yang menyatakan Sedona dibekali mesin bensin V6 3.30 cc dan diesel 2.200 cc. Melihat spesifikasi ini, bukan tak mungkin Kia Sedona kembali menjadi pesaing berat Toyota Kijang Innova dan Nissan Serena.

FERY F

Berita TerkaitBMW Pajang Seluruh Mobil dan Sepeda Motor Andalan di GIIAS 2016All New Calya Tampil Perdana di GIIAS 2016  Edukasi Konsumen, Toyota Hadirkan Simulator Safety di GIIAS  Toyota Display 30 Produk pada Gelaran GIIAS 2016

 


 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi