All New Yamaha R15 Segera Diproduksi  
Reporter: Tempo.co
Editor: Ali Akhmad Noor Hidayat tnr
Senin, 23 Januari 2017 12:30 WIB
Rider Movistar Yamaha MotoGP Maverick Vinales meluncurkan sepeda motor Yamaha YZF-R15 di Sirkuit Internasional Sentul, Senin, 23 Januari 2017. TEMPo/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan sepeda motor sport All New Yamaha R15 di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Senin, 23 Januari 2017. Rider Movistar Yamaha MotoGP, Maverick Vinales, diundang secara khusus untuk membuka selubung All New R15.

Baca: Yamaha YZF-R25 Punya Warna dan Grafis Baru

Rider asal Spanyol ini juga didaulat untuk mencoba performa All New R15 mengelilingi Sirkuit Internasional Sentul sebanyak empat putaran. Menggeber All New R15 di lintasan sirkuit, Vinales ditemani Presiden Direktur YIMM Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto serta tiga pembalap tim Yamaha Indonesia.

Executive Vice President Director YIMM Dyonisius Beti mengatakan All New R15 akan masuk jalur produksi massal dan diikuti penjualan pada semester pertama tahun ini. “Bisa 1 atau 2 bulan ke depan. Tunggu saja,” katanya singkat.

Baca: 23 Januari, Rossi dan Vinales Panaskan Sentul

Dyonisius juga enggan membocorkan harga All New R15. Sebab, dia melanjutkan, penghitungan harga masih didiskusikan secara internal.

Yamaha mengklaim motor baru ini lebih bertenaga dan responsif karena dibekali mesin baru berkapasitas 155 cc. Mesin ini dilengkapi teknologi terbaru Yamaha, Variable Valve Actuation (VVA), yang diklaim irit bahan bakar. Teknologi ini juga disematkan pada Yamaha Aerox 155VVA.

Baca: Rossi dan Vinales: Halo Indonesia!

Mesin All New R15 mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 14,2 kW pada 1.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. “Ini adalah tenaga terbesar di kelas motor sport 150 cc,” demikian diklaim Yamaha.

All New R15 dilengkapi dengan fitur baru, Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar dan untuk pertama kalinya diaplikasikan di motor sport kelas 150 cc. Fitur Assist membuat pengoperasian kopling lebih ringan. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Motor ini sudah menggunakan suspensi upside down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (100/80-17 depan dan 140/70-17 belakang). Tapak ban lebar ini membuat handling menjadi lebih nyaman. Untuk memaksimalkan pengereman, rem depan menggunakan disc brake lebar berdiameter 282 milimeter.

WAWAN PRIYANTO

#Sepeda Motor
#Yamaha Motor Indonesia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi