Produsen Komponen Mobil Cina Lirik Pasar Meksiko
Reporter: Tempo.co
Editor: Setiawan
Sabtu, 15 April 2017 13:12 WIB
Suasana pameran tahunan industri komponen otomotif, aksesoris kendaraan, serta industri pendukung, dalam "The 8th Indonesia International Auto Parts, Accessories and Equip Exhibition (INAPA) 2016" di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta, 29 maret 2016. Pameran tersebut diikuti oleh 1.100 exhibitor peserta dari 28 negara. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen komponen mobil Cina, Hoizhou Toneluck Electro Mechanics Co Ltd berencana untuk mendirikan pabrik di Meksiko untuk memperkuat pasar di Amerika Utara.

Perusahaan yang berkantor pusat di Guangdong, Cina ini akan menggelontorkan dana hingga 50 juta yuan atau USD 7,24 juta (Rp 96 miliar) sebagai tahap awal pembangunan pabrik. "Saat ini kami masih dalam tahap persiapan pembangunan pabrik,"ucap Huang Zihong Diretur Pelaksana Hoizhou Toneluck seperti dilansir dari China Daily News, Jumat 14 April 2017.

Baca: Startup Otomotif Cina Mandek Terhambat Birokrasi

Huang mengatakan perusahaan akan membeli lahan untuk areal pabrik pada tahun ini sehingga tahun depan sudah bisa memulai pembangunan kontruksi. Pabrik ditargetkan mulai beroperasi pada 2019. Pabrik ini diproyeksikan bisa menghasilkan produksi 300 juta yuan per tahun.

Hoizhou Toneluck merupakan salah satu pemasok komponen mobil terbesar di dunia. Perusahaan ini menguasai 13 persen pasar global di industri pemasok komponen kendaraan bermotor roda empat. Nilai produksi tahunan mencapai lebih dari 600juta yuan dan 40 persen berasal dari pasar dalam negeri.

Amerika Serikat merupakan pasar terbesar Hoizhou Toneluck di luar negeri. Kontribusi pendapatan perusahaan 30 persen disumbang dari pasar Amerika dan 15 persen Eropa. "Posisi kami saat ini tier kedua untuk pemasok di Amerika Serikat dan Eropa. Kami terus berupaya agar bisa menduduki posisi pertama," ucap Huang.

SETIAWAN ADIWIJAYA

#Otomotif
#Cina

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi