Mobil Listrik Akan Dijual Lebih Murah dari LCGC  
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 2 September 2017 18:34 WIB
REUTERS/Tyrone Siu

TEMPO.CO, Jakarta - PT Great Asia Link (Grain) berencana memproduksi mobil listrik bernama Elvi yang akan dijual Rp 75-150 juta. Harga mobil jenis low cost green car (LCGC) Rp 92-150 juta.

Dari website resmi Kementerian Perindustrian, www.kemenperin.go.id, mobil yang akan ditawarkan masing-masing city car, multi-purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), dan pikap.

"Harganya berkisar dari Rp 75 juta untuk pikap, Rp 150 juta untuk SUV, Rp 130 juta untuk MPV, hingga mobil sport akan kita banderol seharga Rp 150 juta," ujar Ravi di Jakarta, Jumat, 1 September 2017.

Baca: Honda Akan Pamerkan Prototipe CR-V Hybrid Bulan Depan

Untuk tiap jenis mobil tersebut akan dipasarkan masing-masing 100 unit di Pulau Jawa. Ini lantaran perakitan mobil masih berpusat di Pulau Jawa. Kapasitas produksi bisa mencapai 20 ribu unit kendaraan dalam setahun.

Seperti diketahui, mobil ini merupakan produksi nasional karena memanfaatkan komponen lokal 40 persen, sisanya memanfaatkan komponen impor.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Dharmadi menilai produksi mobil listrik PT Grain diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dan mampu mengembangkan industri automotif nasional.

Baca: Menteri Airlangga Sebut Harga Mobil Perdesaan Akan Kompetitif

Mobil ini memiliki keunggulan energi yang lebih irit karena cukup menggunakan listrik dibandingkan bahan bakar minyak (BBM) saat kendaraan melaju kencang. Kendaraan ini juga hemat energi saat terjadi kemacetan, hal tersebut menjadi kelebihan mobil listrik ini.

BISNIS

#Mobil Listrik
#Kementerian Perindustrian dan Perdagangan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi