Mobil Esemka Jalani Uji Coba Solo-Cemara Sewu  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 20 Februari 2012 17:31 WIB
Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengendarai mobil dinas buatan siswa SMK, Kiat Esemka di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa (3/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Mobil Esemka siap melakoni uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Sebagai persiapan, Senin, 20 Februari 2012, Esemka kembali menjalani uji coba lapangan.

Tidak tanggung-tanggung, uji coba dilakukan dari Solo menuju Cemara Sewu di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dengan melalui tanjakan Tawangmangu, Karanganyar. Berada di balik kemudi adalah Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo dengan ditemani seorang pegawai Pemerintah Kota Surakarta.

Begitu melintasi berbagai tanjakan ke Cemara Sewu yang memiliki ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, Hadi merasa Esemka sudah benar-benar siap dibawa ke Jakarta. “Sudah diuji dan kondisinya sudah siap untuk ke Jakarta,” katanya ketika dihubungi wartawan, Senin, 20 Februari 2012.

Dia menilai Esemka cukup tangguh melibas rute tanjakan Tawangmangu, sehingga ketika dikendarai ke Jakarta diyakini tidak akan ada masalah selama perjalanan.

Pengujian nyala lampu juga sudah dilakukan akhir pekan lalu. Hadi berkeliling kota pada malam hari untuk memastikan nyala lampu fokus menerangi marka jalan. Sebelumnya, mobil Esemka harus masuk bengkel Kiat Motor untuk mengubah dudukan lampu.

Ketika itu, sorot lampu menyebar dan tidak tepat menyinari marka jalan sehingga dirasakan membahayakan jika digunakan untuk perjalanan malam hari. Setelah digunakan berkeliling kota, dia merasa puas karena nyala lampu depan sudah sesuai keinginannya.

Hadi memastikan Esemka akan berangkat ke Jakarta pada 24 Februari 2012 pukul 09.00 dari Solo Techno Park. Malam sebelumnya, Esemka akan dijamasi dengan air kembang untuk berharap berkah dan keselamatan.

Untuk rute perjalanan ke Jakarta, dia belum bisa memastikan karena masih harus koordinasi dengan Wali Kota Surakarta Joko Widodo. “Tapi paling tidak ada rencana singgah di tujuh kota,” ujarnya. Diperkirakan Esemka tiba di Jakarta pada Senin, 27 Februari atau Selasa, 28 Februari.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, selama perjalanan, Esemka akan mampir di beberapa kota, seperti Bandung dan Cirebon. Tujuannya untuk menyemangati siswa SMK di daerah-daerah tersebut agar bisa membuat karya seperti mobil Esemka. “Kami ingin siswa SMK di kota lain meniru kreativitas para perakit mobil Esemka,” katanya.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita lain:Test Drive Mobil Esemka, Pak Dubes Pun TergodaMereka yang Bangga Merakit Mobil EsemkaMobil Esemka Tunggu Izin Kementerian PerhubunganDemi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti MobilIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi Mulai 2012, Jokowi Pakai Mobil Dinas Rakitan

#Mobil Nasional

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi