Rugi Besar, Mazda Pangkas Seperempat Karyawan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 1 Juni 2012 22:23 WIB
Mazda Logo

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan mobil asal Jepang, Mazda Motor Corp, berencana merumahkan 250 karyawannya di Amerika dan Eropa sepanjang 2012. Jumlah karyawan yang dikurangi mencapai seperempat dari total staf di dua wilayah tersebut.

Menurut juru bicara Mazda, Jay Amestoy, pengurangan karyawan dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi bisnis dan sistem penjualan di seluruh dunia. Sepanjang empat tahun terakhir, Mazda mengalami kerugian karena lesunya penjualan dan nilai tukar yen yang terus menguat.

Pada 2011, Mazda menderita kerugian hingga US$ 1,3 miliar. Angka ini lebih besar dibanding 2010 yang mencapai US$ 764 juta."Pengurangan karyawan adalah salah satu cara mengakhiri krisis." kata dia seperti dikutip dari Autonews, Jumat 1 Juni 2012. 

Di Amerika, jumlah karyawan yang dirumahkan mencapai 150 orang. Di negeri abang sam, Mazda mempekerjakan 701 orang staf teknik dan pendukung. Sebanyak 107 orang dari karyawan yang akan diberhentikan sudah mendapat klausul buy-out yang terdiri dari pesangon berdasar masa kerja serta pendampingan saat mencari pekerjaan baru.

Meski tak berencana mengurangi karyawan, di Jepang Mazda pun tak luput melakukan sederet perombakan. Sejumlah staf akan dipindahkan dari Tokyo dan Osaka ke kantor pusat di Hiroshima dengan alasan perbaikan operasi dan pengelolaan penjualan.

M. ANDI PERDANA

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi