Empat Pabrikan Mobil Siap Luncurkan Tipe 'Hijau'  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rini Kustiani
Kamis, 20 September 2012 04:47 WIB
Suasana persiapan pameran mobil ramah lingkungan di Washington (4/2). Pameran yang dibuka besok, akan berlangsung selama empat hari. Foto: Alex Wong/Getty Images/AFP

TEMPO.CO , Jakarta - Selain Toyota dan Daihatsu, rupanya ada beberapa pabrikan yang berencana meluncurkan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Hari ini Toyota dan Daihatsu secara resmi memperkenalkan mobil LCGC mereka yaitu Ayla dan Agya.

"Berikutnya yang menyusul adalag Nissan, Hyundai, Suzuki, dan Honda," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi, Kementerian Perindustrian Budi Darmadji saat ditemui di DPR, Rabu 19 September 2012.

Budi mengatakan, saat ini proses penggarapan mobil-mobil tersebut sudah masuk pada tahap konstruksi. Namun, ia belum bisa memastikan kapan empat pabrikan mobil asal Jepang tersebut memperkenalkannya di masyarakat.

Sementera itu, Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat mengatakan saat ini peraturan soal mobil murah dan ramah lingkungan sudah masuk pada tahap pembahasan antara Kementerian Keuangan dengan presiden melalui Sekretariat Negara.

Menurut Hidayat peraturan presiden tersebut akan keluar dalam waktu dekat. Di dalam perpres tersebut nantinya akan memuat regulasi produk hybrid, low carbon, fuel cell, diesel advance, CNG, dan biofuel.

"Di dalam perpres tersebut nantinya akan diusulkan adanya keringanan fiskal dari mobil ramah lingkungan sehingga harga jualnya bisa murah," ujar Hidayat.

SYAILENDRA

Berita terpopuler lainnya:Kalla: Jadi Gubernur Jakarta Tak Susah-Susah AmatBeri Masukan Jokowi, ProJakarta Undang Jusuf Kalla˜Haiya Ahok" Bikin Nachrowi Populer di InternetJokowi: Ada Kejutan di Pilkada Putaran KeduaKunjungi Non Muslim, Foke Redam Efek ˜Haiya Ahok''Bantah Selebaran, MUI Akui Kesepakatan untuk FokeDalam Sebulan, Ada 2 Juta Mention untuk JokowiProduser Film Anti Islam Juga Tipu Aktivis KristenJokowi Boyong Keluarga ke Jakarta

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi