Berkendara Bebas Celaka? GM Sodorkan Supercruise
Reporter: Tempo.co
Editor: S Tri P Bud
Rabu, 26 September 2012 07:10 WIB
Logo General Motors. REUTERS/Mike Blake

TEMPO.CO, California - Apakah Anda pernah bermimpi mengendarai mobil yang berjalan dengan sendirinya tanpa dikemudikan? Berkat General Motors, hal yang semula dianggap fantasi akan segera menjadi kenyataan.

GM kini dalam tahap akhir pengembangan mobil yang dapat tetap melaju di jalurnya, menjauhkan diri dari bahaya, istirahat bila diperlukan, dan hampir menghilangkan kemungkinan tabrakan.

"Kendaraan itu bisa mengambil kendali penuh dan membawa Anda ke tujuan Anda  dalam kenyamanan, dan keselamatan, dan keamanan," kata Don Butler, wakil presiden Pemasaran untuk Cadillac mengatakan kepada ABC News. "Kita bisa meramalkan ke depan kendaraan akan dapat sepenuhnya menghindari tabrakan."

Menurutnya sebelum akhir dekade ini, kita akan berada dalam era mode mengemudi semi-otonom, kata Butler. "Kecepatan akan dikendalikan oleh kendaraan. Arah Anda juga akan dikendalikan oleh kendaraan Anda."

Dalam sebuah tayangan, GM menunjukkan kendaraan kemampuan untuk benar-benar menghindari kecelakaan dengan mengemudi sendiri. "Anda tahu, tangan sopir ada di sakunya," kata Butler.

Prototipe untuk fitur kendaraan yang disebut Supercruise itu baru menggunakan radar dan kamera  serta GPS. Untuk menjalankannya, sopir hanya perlu menekan sebuah tombol, tanpa perlu meletakkan tangan di kemudi atau kaki di pedal.

Teknologi ini dirancang untuk menjaga kendaraan di jalan dan pada jarak aman dari mobil di depannya. Mobil juga akan mengerem secara otomatis untuk menghindari tabrakan.

"Saya pikir apa yang akan benar-benar menakjubkan adalah untuk berada dalam situasi di mana Anda berada di dalam kendaraan, seperti yang saya katakan, menikmati pengalaman berkendara. Kendaraan dapat mengambil kendali penuh dan membawa Anda ke tujuan Anda - dalam kenyamanan, dan keselamatan, dan keamanan," kata Butler. Teknologi yang dibangun Supercruise, menurut Butler, juga menyebabkan waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat dan jalan-jalan bebas kecelakaan.

Supercruise sekarang dalam tahap akhir pembuatan. Perusahaan ini berharap teknologi itu bisa diterapkan dalam produk mobil keluaran terbaru pada awal tahun  2015.

ABC | TRIP B

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi