Daihatsu Siapkan MPV Pendamping Xenia
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 27 September 2012 19:28 WIB
All New Daihatsu Xenia dilihat dari samping, saat grand Launching di hall Hotel Grand Melia, Jakarta, (9/11). All New Xenia dijual dengan harga mulai RP 126,6 juta. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor bakal merilis mobil penumpang murah sebagai pendamping low multi purpose vehicle (MPV) Xenia. Menurut Direktur Pemasaran Astra Daihatsu, Amelia Tjandra, mobil 7-seater itu dipasang untuk mengisi ceruk pasar Xenia yang kini telah naik kelas.

"Harganya di bawah Rp 100 juta," kata dia di arena Indonesia International Motor Show, di Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 27 September 2012. Menurut Amelia, Xenia kini diplot untuk mengisi segmen MPV kelas menengah. Sebab, harga mobil itu telah naik dari Rp 70 juta menjadi Rp 150 juta.

Varian pengganti Xenia kini tengah menjalani masa pengembangan sebelum masuk produksi massal paling lambat pada 2015. "Riset dan pengembangan mobil itu membutuhkan waktu tiga tahun." katanya.

Amelia yakin mobil baru yang namanya masih dirahasiakan itu bisa mengulangi kesuksesan Xenia. Apalagi, kata dia, potensi pasar kelas menengah Indonesia sangat besar: sekitar 30 juta orang. "Kami mengincar 6 persen dari kelas tersebut," ujarnya.

Daihatsu ada kemungkinan memasang varian MPV baru tersebut untuk skema mobil murah ramah lingkungan yang tengah dilaksanakan pemerintah. Menurut Amelia, mobil ini tak akan mengurangi pangsa pasar city car Daihatsu Ayla, yang akan dijual seharga Rp 75-105 juta. "Posisinya di bawah Xenia, tapi tetap di atas Ayla," tuturnya.

DIMAS SIREGAR

Berita terpopuler lainnya: Hadiah US$ 60 Juta bagi Pria yang Mau Nikahi Lesbi Kapolri Perintahkan Djoko Susilo Datang ke KPK  Alumni SMA 6 Usulkan Sanksi bagi Kepala Sekolah AD Tersangka Tawuran Pelajar di Manggarai Remaja Pembacok Alawy Tertangkap di Yogyakarta  Nikita Mirzani Bakal Nongol di Majalah Playboy?

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi