Chrysler-Guangzhou Produksi Jeep di Cina
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 16 Januari 2013 13:48 WIB
Chrysler. Ksdk.com

TEMPO.CO, Detroit - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat, Chrysler Group, kini mengincar pasar otomotif Cina. Chrysler dan induk usahanya, Fiat, menggandeng Guangzhou Automobile untuk membangun varian-varian Jeep di Negeri Tirai Bambu itu.

Detroit Free Press mengabarkan, kesepakatan antara tiga pabrikan itu diteken di markas besar Chrysler di Auburn Hills Detroit. Proyek ini kemudian diumumkan di pameran North American International Auto Show 2013.

Menurut Presiden Jeep region Asia Pasifik, Mike Manley, Chrysler dan Guangzhou akan memproduksi SUV compact Jeep untuk pasar domestik. Produksi perdana dilakukan pada akhir 2014. "Tapi menurut pandangan saya, produksi ini harus dilakukan secepatnya," kata dia, Rabu, 16 Januari 2013.

Guangzhou sebelumnya menjalin kerja sama dengan Fiat selaku induk usaha Chrysler. Pada September 2012, keduanya mulai memproduksi varian sedan Fiat Viaggio khusus untuk Cina. Untuk itu, Fiat dan Guangzhou membangun pabrik dengan kapasitas produksi tahunan 140 ribu unit. Pabrik itu akan diperluas sehingga mampu membuat 500 ribu kendaraan per tahun.

General Manager Guangzhou, Zeng Qinghong, mengatakan SUV merek Jeep sangat ditunggu oleh konsumen mobil di Cina. Di Cina, sebanyak 50 ribu unit Jeep berbagai varian yang diimpor dari Amerika laris manis sepanjang 2012. “Setelah produksi dilokalisir, permintaannya pasti akan bertambah," katanya.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi