Honda Tarik Ribuan CR-V dan Civic di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 23 April 2013 14:01 WIB
carpictures.com

TEMPO.CO, Jakarta - PT Honda Prospect Motor melakukan penarikan dan penggantian (recall) komponen pengembang kantung udara (airbag inflator) pada sedan Honda Civic dan sport utility vehicle (SUV) Honda CR-V yang beredar di Indonesia. Penggantian dilakukan lantaran komponen tersebut dibuat dengan proses yang tidak sesuai prosedur.

Dalam siaran persnya, Selasa, 23 April 2013, Presiden Direktur Honda Prospect Tomoki Uchida mengatakan airbag bermasalah tersebut berada di sisi penumpang bagian depan. Berdasarkan pendataan, ada 7.982 unit mobil yang terkena masalah tersebut, yakni terdiri dari Honda Civic 2001-2003 (3.180 unit) dan Honda CR-V buatan tahun 2002 (4.802 unit).

Uchida mengatakan program perbaikan komponen ini merupakan tanggung jawab Honda Prospect. Divisi ini berupaya memastikan bahwa seluruh produknya berada dalam standar keamanan dan kualitas. Program ini menjadi bagian dari upaya yang dijalankan oleh Honda Motor Corp untuk memastikan standar yang paling ketat untuk seluruh produknya. "Program ini merupakan bagian dari evaluasi berkesinambungan yang kami lakukan," katanya.

Rencananya, penggantian komponen ini mulai berjalan dari tanggal 10 Mei 2013 di seluruh Indonesia. Program penggantian dan perbaikan mobil yang memakan waktu paling lama satu jam ini dilakukan selama 6 bulan.

Untuk itu, Honda Prospect menetapkan semua mobil yang masuk dalam program ini diperbaiki secara gratis. Pabrikan juga akan mengirim pemberitahuan kepada para pemilik mobil melalui surat yang dikirimkan oleh dealer terdekat. Pemilik mobil juga bisa menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari Senin–Jumat pukul 09.00-17.00 WIB.

Kerusakan komponen menjadi masalah serius yang menimpa Honda beberapa waktu terakhir. Pada Desember 2012, Honda menarik 870 ribu minivan Odyssey lantaran masalah pada transmisi otomatis yang membuat mobil nyelonong tanpa kendali. Sedangkan beberapa waktu sebelumnya, Honda juga menarik 370 ribu sedan lantaran masalah pada komponen airbag. Bantal pelindung benturan itu berpotensi mengembang dan meledak meski tidak terjadi tabrakan.

FERY FIRMANSYAH

Topik Terhangat:Ujian Nasional | Bom Boston | Lion Air Jatuh | Preman Yogya | Prahara Demokrat

Berita Terpopuler:Hari Bumi 2013: Pergantian Musim Google DoodleTersangka Bom Boston Ngetwit Setelah LedakanMenteri Keuangan Diberhentikan Saat Bertugas di ASErik Meijer Dinilai Tidak Pantas Jadi Direksi GarudaBom Boston Marathon Versi Pelajar Indonesia di AS

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi