Ford EcoSport Akan Dibuat di India
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 18 Juni 2013 13:30 WIB
All New Ford EcoSport (Dok. Ford)

TEMPO.CO, Detroit - Ford Motor Company memulai produksi mini sport utility vehicle (SUV) EcoSport di India. Rencananya mobil tersebut dipasarkan di Asia dan beberapa negara berkembang lain yang membutuhkan kendaraan irit bahan bakar dan murah.

Detroit Free Press mengabarkan, Kepala Eksekutif Ford Alan Mullaly tengah bermuhibah ke Chennai India, tempat Ford EcoSport dirakit. Di kota tersebut, Ford membangun pabrik sebagai bagian dari proyek ekspansi senilai US$ 142 juta. "EcoSport adalah kendaraan yang fantastis. Tim kami beserta mitra lokalnya telah melakukan pekerjaan luar biasa," kata dia seperti dikutip pada Selasa 18 Juni 2013.

Mullaly mengklaim Ford EcoSport memenuhi keinginan konsumen kendaraan di negara berkembang. Kelebihan kendaraan ini, kata dia, yakni hemat bahan bakar, aman, memiliki bentuk yang kompak, fungsional serta terkoneksi dengan perangkat teknologi canggih. "Harganya pun sangat terjangkau."

Pabrik Ford di Chennai yang memiliki kapasitas produksi 2 juta kendaraan per tahun adalah pabrik ketiga yang membuat EcoSport setelah Cina dan Brasil. Instalasi perakitan ini menggunakan platform hatchback Ford Fiesta, yang sering disebut Segment-B, untuk 10 varian EcoSport. Perakitan SUV ini rencananya dimulai pada 2015.

Saat ini pasar mini SUV dan crossover tengah menggeliat. Survei IHS Automotive menyebutkan penjualan crossover dan SUV kecil tumbuh 154 persen sepanjang 2005-2012. Model yang cukup populer di negara berkembang adalah Nissan Juke dan Suzuki SX4.

FERY FIRMANSYAH

Terpopuler Otomotif

Honda Target Jual 100 Ribu Mobil Tahun Ini  

Toyota Tarik 242 Ribu Mobil Hybrid

Ford Tarik 465 Ribu Mobil

Audi Incar 25 persen Pasar SUV Mewah

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi