Ayla-Agya Disambut Antusias
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Minggu, 15 September 2013 18:34 WIB
Executive Vice President Toyota Motor Corporation Yukitoshi Funo (kiri), Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (2kiri), Dirut Astra International, Prijono Sugiarto (3kiri) pada pengumuman kolaborasi Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta, Rabu (19/9). TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Surakarta -Kehadiran mobil murah dan ramah lingkungan seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla disambut antusias masyarakat. Direktur Pemasaran Nasmoco Group Hartono Dinata mengatakan hingga saat ini sudah ada 1.500 pesanan Toyota Agya di Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara untuk wilayah Surakarta sudah ada pemesanan sebanyak 250 unit. 

"Setelah peluncuran hari ini, kami perkirakan tiap hari ada pesanan 300 unit,"katanya di sela-sela peluncuran resmi Toyota Agya di Surakarta, Minggu, 15 September 2013. 
 
Dia mengatakan masyarakat sangat antusias menyambut Toyota Agya. Bahkan sebelum mobil diluncurkan secara resmi, sudah ada 3 ribu pesanan yang masuk. Tapi seiring waktu hanya tinggal separuhnya. "Sebagian membatalkan pesanan dan sebagian lainnya memilih produk lain seperti Etios," ujarnya.
 
Nasmoco sendiri menjanjikan akan memenuhi seluruh pesanan pada tahun ini. Sedangkan bagi mereka yang baru mulai memesan bulan ini, mobil akan dikirim maksimal Januari 2014. "Saat ini kapasitas produksi masih terbatas," kata Hartono. 
 
Meski pemerintah mensyaratkan harga mobil murah dan ramah lingkungan di bawah Rp 100 juta, dia mengatakan untuk Jateng-DIY angka itu sulit dicapai. Sebab ada ongkos transportasi dan selisih bea balik nama sebesar 2,5 persen dari Jakarta. "Sehingga untuk Jateng-DIY, kami menjual Agya paling murah Rp 103 juta.Harga termahalnya Rp 125,8 juta," ujar Hartono.
 
Pimpinan Cabang Astra Daihatsu Motor Solo Sigit Suryanto mengatakan ada lebih dari 100 pemesan Daihatsu Ayla yang sudah membayar uang tanda jadi. "Begitu Ayla resmi diluncurkan, banyak yang langsung memesan," katanya.
 
Selama ini masyarakat cenderung menunggu kepastian Ayla, terutama soal harga dan kepastian pengiriman unit. Setelah resmi diluncurkan, dalam sehari pemesanan Ayla bisa mencapai 50 unit. Untuk Solo, harga Ayla dipatok Rp 86-111 juta.
 
Dia mengatakan saat ini belum bisa mengirim Ayla ke pemesan. Sebab masih merampungkan teknis penjualan misalnya sistem komputerisasi. "Kemungkinan pengiriman dimulai bulan depan. Kami prioritaskan konsumen yang inden sejak awal," ujarnya. 
 
UKKY PRIMARTANTYO (SURAKARTA)
#Low Cost Green Car | LCGC | Mobil Hijau
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi