All New Yaris Siap Diluncurkan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Rachma Tri Widuri Staf Redaksi
Senin, 10 Maret 2014 18:29 WIB
yaris

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) siap memproduksi The All New Yaris 1.5 L pada akhir Maret tahun ini. Vice Presiden Director TMMIN, Warih Andang Tjahjono, mengatakan pihaknya siap memproduksi 2.000 unit per bulan.

"Seluruh persiapan sudah sangat matang. Kami akan segera memproduksi The All New Yaris 1.5 L pada akhir bulan Maret 2014 ini di pabrik Toyota Karawang II," katanya melalui rilis di Jakarta, Senin, 10 Maret 2014. TMMIN menyatakan lokalisasi All New Yaris 1.5 L merupakan realisasi investasi Toyota Group tahun ini dan memperkuat Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok bagi Toyota Global.

TMMIN menyatakan Toyota terus berupaya meningkatkan lokalisasi produk mereka di Indonesia. Ia mencontohkan Fortuner, yang memiliki kandungan lokal 55 persen. Untuk model sedan dan hatchback yang baru saja diproduksi secara lokal juga telah memiliki tingkat kandungan lokal yang cukup tinggi. Etios Valco memiliki kandungan lokal 55 persen, sedangkan The All New Vios & Limo dan Yaris memiliki kandungan lokal 60 persen.

"Realisasi komitmen investasi Toyota diawali dengan diproduksinya NAV-1 di Indonesia, pengoperasian Pabrik Toyota Karawang II, lokalisasi Etios Valco, lokalisasi The All New Vios dan Limo, dimulainya pembangunan Pabrik Mesin Karawang, dan produksi lokal The All New Yaris. Toyota memposisikan Indonesia sebagai basis produksi dan suplai yang penting," katanya.

Pabrik Toyota Karawang II memiliki kapasitas produksi 216 ribu unit per tahun dan menyerap lebih dari 600 tenaga kerja. Pabrik kedua ini memproduksi mesin aluminium untuk mobil penumpang dan mulai beroperasi 2016.

Toyota mendirikan pabrik mesin pertama pada 1982 di Sunter. Pabrik ini memproduksi mesin 5K dengan tingkat kandungan lokal 12 persen yang digunakan model Kijang generasi pertama. Seiring perkembangan jenis mobil yang diproduksi Toyota, kini pabrik di Sunter memproduksi mesin tipe TR yang digunakan pada Innova, Fortuner, dan Hilux.

ANANDA TERESIA

Topik terhangat:Ade Sara | Malaysia Airlines | Kasus Century | Jokowi | Anas Urbaningrum

Berita terkait:Dua Sejoli Bunuh Ade Sara Demi Efek Jera?Ayah Ade Sara Ingin Orang Tua Hafitd dan Assyifa Minta MaafPolisi: Tersangka Pembunuh Ade Sara NormalSebelum Bunuh Ade Sara, Hafidt dan Assyifa Pura-pura Ribut

#Info Otomotif
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi