BMW Genjot Penjualan Naik 6 Persen, Begini Strateginya  
Reporter: Tempo.co
Editor: Choirul Aminuddin
Senin, 6 April 2015 17:19 WIB
BMW X4 pada pameran AMI Auto Show 2014 di Leipzig, Jerman, 30 Mei 2014. Jens Schlueter/Getty Images

Bisnis.com, Jakarta -  BMW Indonesia optimitis pertumbuhan penjualan dua bulan pertama tahun ini sekitar 6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dapat terjaga hingga kuartal I/2015, di tengah pelambatan ekonomi dan merosotnya total pasar otomotif.

Pada periode Januari-Februari tahun lalu jumlah penjualan BMW hanya 414 unit. Rinciannya, BMW terjual 391 unit dan BMW Premium Selection hanya 23 unit.

Sedangkan pada periode Januari-Februari 2015 penjualan mobil merek BMW mencapai 439 unit. Angka tersebut dicapai melalui penjualan BMW sebanyak 406 unit atau naik 3,8 persen dari tahun lalu dan BMW Premuim Selection sebanyak 33 unit terkatrol 56 persen dari capaian tahun sebelumnya.

Raihan tersebut berbanding terbalik dengan penjualan otomotif secara total. Pada periode yang sama tahun ini mencapai 182.933 unit sedangkan tahun lalu sebanyak 215.433 unit.

“Kami optimistis pada kuartal I tahun ini pertumbuhan itu tetap terjaga,” kata Jodie O’tania, Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia kepada Bisnis, Minggu, 5 April 2015.

Meski demikian, Jodie belum dapat mengatakan raihan penjualan yang dibukukan pihaknya pada Maret lalu. Sebabnya, hasil penjualan dari masing-masing diler BMW belum terhitung secara pasti.

Menurutnya, di pasar Tanah Air penjualan BMW terbanyak masih dicatatkan BMW Seri 3. Kendaraan andalan BMW tersebut diklaim Jodie berkontribusi hingga 60 persen terhadap total penjualan pihaknya. Disusul kemudian dengan BMW Seri 5.

Memprediksi pasar hingga akhir 2015, Jodie pun yajin pihaknya akan mendulang pertumbuhan seperti tahun lalu. Sebagai gambaran, pada 2014 BMW terjual 2.547 unit, naik sekitar 3,5 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 2.460 unit.

Sedangkan kendaraan BMW Premium Selection tahun lalu meraup penjualan sebanyak  386 unit. Jumlah itu naik sekitar 17 persen dari 2013 yang mencapai 330 unit.

Untuk menggenjot penjualan pada 2015, Jodie menyatakan pihaknya akan menghadirkan kendaraan dengan inovasi teknologi dan desain terbaru dari BMW. Setidaknya tahun ini BMW Group akan meluncurkan 10 unit mobil baru.

Model kendaraan terbaru yang akan hadir diantaranya adalah all new BMW X6 dan BMW Seri 7 terbaru. Selain itu ada juga model berperforma tinggi seperti BMW X5M dan BMW X6M terbaru yang akan  diperkenalkan kepada konsumen di Indonesia.

“Selain itu banyak program yang lebih mendekatkan BMW dengan konsumen dari segi marketing. Ada pula BMW financial service, bekerjasama dengan beberapa bank untuk memberikan kenyamanan untuk konsumen,” ujarnya.

Selain menawarkan model dengan teknologi terbaru pihaknya juga akan memperluas jaringan dengan membuka diler baru. Akan tetapi jumlah diler dan lokasinya belum bisa diinformasikan saat ini. Saat ini BMW Group Indonesia memiliki 18 diler kendaraan baru dan 5 diler kendaraan purna pakai BMW.

GITA ARWANA CAKTI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi