Rio Haryanto Resmi Bergabung dengan Formula 1, Ini Kata Media Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Nurdin Saleh TNR
Kamis, 18 Februari 2016 17:00 WIB
Pebalap Indonesia Rio Haryanto berpose usai menggelar jumpa pers di kantor Kemenpora, Jakarta, 27 Januari 2016. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.COJakarta - Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, resmi bergabung dengan tim Manor untuk menjalani balapan semusim penuh dalam balap jet darat Formula 1 2016. Manor Racing mengumumkan hal ini di akun Twitter resmi mereka, @ManorRacing, Kamis, 18 Februari 2016. "Kabar baik! Kami telah meneken kontrak dengan Rio Haryanto untuk kursi kedua kami. Barisan orang muda lapar kami untuk 2016 telah lengkap," tulis tim Manor di linimasanya.

Rio dan timnya juga menggelar konferensi pers di Gedung Pertamina, Jakarta. Dalam konferensi pers itu, Dave Ryan, Racing Director Manor, melakukan telekonferensi pers melalui jaringan Skype. Tim Rio mengumumkan bahwa Rio Haryanto resmi menjadi pembalap Manor untuk Formula 1 musim 2016.

Rio, 23 tahun, akan berpartner dengan pembalap Jerman, Pascal Wehrlein, yang pekan lalu sudah lebih dulu diumumkan sebagai pembalap Manor. Rio mencetak sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang menjadi pembalap Formula 1.

Berita soal penunjukan Rio sebagai pembalap Manor ini juga diulas berbagai media dunia. BBC, misalnya, memberitakan bahwa pembalap Inggris, Will Stevens, dicoret Manor dan digantikan Rio Haryanto untuk balapan 2016. Media asal Inggris itu juga mengutip pernyataan Rio yang menyebutkan Manor sudah memiliki paket mobil hebat. "Saya tak sabar untuk menaikinya," ucapnya. Pemilik Manor, Stephen Fitzpatrick, juga berkata, "Ia gigih di dalam dan di luar trek serta membuat kesan luar biasa dalam lomba GP2 musim lalu."

Situs Autosport.com pun menulis berita dengan judul "Rio Haryanto Meraih Kursi Kedua Manor Formula 1 untuk Musim 2016". Mereka menulis bahwa kesepakatan antara Rio dan Manor sudah tercapai, meski pengumuman resmi belum dilakukan. Situs ini juga menyertakan daftar pembalap musim ini, termasuk di dalamnya Rio sebagai pembalap kedua Manor.

Adapun ABCnews.go.com menulis dengan judul "Tim F1 Manor Menunjuk Pembalap Indonesia Haryanto sebagai Pembalapnya". Sedangkan situs balapan Crash.net menulis dengan memakai judul "Rio Berhasil Mengamankan Kursi Pembalap Manor F1".

GADI MAKITAN | NS

#F1
#F1
#Rio Haryanto

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi