Uber Jajaki Kerja Sama Mobil Swakemudi dengan Fiat Chrysler
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Jumat, 10 Juni 2016 04:20 WIB
Perusahaan otomotif mobil-sport elektrik yang berbasis di Amerika Serikat, Tesla Motor memperkenalkan mobil sedan terbarunya yakni, Tesla Model 3 di Hawthorne, California, 31 Maret 2016. Ap Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Uber sedang menjajaki kerja sama dengan raksasa otomotif Italia-Amerika Serikat, Fiat Chrysler (FCA), dan beberapa perusahaan lain untuk membentuk aliansi mobil kemudi otomatis, menurut keterangan narasumber terkait, Rabu, 9 Juni 2016, seperti dikutip AFP.

Narasumber mengatakan negosiasi masih dalam tahap awal dan tidak eksklusif hanya dengan satu produsen mobil.

Pada hari yang sama, Bloomberg melaporkan kesepakatan antara FCA dan Uber diprediksi akan diumumkan kepada publik pada akhir tahun ini dan raksasa otomotif tersebut juga menggandeng perusahaan retail online Amazon untuk kerja sama penggunaan mobil kemudi otomatis bagi pengiriman barang.

Amazon secara konsisten mengeksplorasi teknologi kemudi otomatis guna meningkatkan efisiensi distribusi atau pengiriman barang. Mei lalu, FCA mengumumkan aliansi dengan perusahaan induk Google, Alphabet, dan mengklaim mobil kemudi otomatis mulai diproduksi dalam kurun lima tahun ke depan.

Google mulai menguji coba teknologi kemudi otomatis pada 2009 menggunakan mobil Toyota Prius yang dilengkapi dengan peralatan buatan raksasa Internet tersebut. Melalui kesepakatan dengan FCA, Google memperoleh 100 minivan 2017 Chrysler Pacifica Hybrid.

Berbagai produsen otomotif lain, seperti Audi, Ford, Mercedes, Lexus, Tesla, dan BMW juga mengembangkan teknologi kemudi otomatis. Pekan lalu, Uber memperkenalkan kendaraan swakemudi mereka dan mengumumkan mulai menguji satu kendaraan jenis tersebut di jalanan Kota Pittsburgh, Pennsylvania.

ANTARANEWS.COM

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi