Nissan Motor Bangun Pabrik Mesin dan Transmisi di Indonesia
Reporter: Tempo.co
Editor: Rully Widayati
Kamis, 8 September 2016 23:00 WIB
REUTERS/Yuriko Nakao

TEMPO.CO, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai pembangunan pabrik baru yang akan memproduksi mesin dan transmisi di Indonesia.

Pabrik baru Nissan ini dibangun dari tambahan investasi senilai 3,4 miliar yen atau Rp439 miliar guna merefleksikan komitmen Nissan untuk pasar Indonesia.

"Indonesia merupakan salah satu pasar strategis bagi Nissan secara global. Investasi ini menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perusahaan kami,” ujar Antonio Zara, Presiden Direktur NMI dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8 September 2016).

Pabrik mesin baru Nissan akan dibangun di atas lahan seluas 3.000 m2 dan diisi dengan lini produksi engine machining yang nantinya memungkinkan NMI memproduksi mesin dan transmisi secara lokal.

Total kapasitas produksi pabrik mulai beroperasi pada September 2017 mencapai 96.000 unit per tahun.

"Nissan sudah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2001. Pabrik baru ini menjadi langkah konkret kami untuk menegaskan kembali komitmen jangka panjang di Indonesia,” tambah Zara.

Adapun Fumitoshi Yoshikawa, Wakil Presiden Direktur NMI, menekankan pentingnya kualitas global dalam hal manufaktur.

"Kami yakin pabrik ini nantinya akan memproduksi engine dan transmisi berkualitas tinggi, sehingga kami dapat memberikan produk kendaraan terbaik bagi konsumen di Indonesia," pungkas Yoshikawa.

Nissan Motor Indonesia menaungi 3 brand yaitu Nissan, Infiniti, dan Datsun. Saat ini Nissan Motor Indonesia memiliki 120 dealer di seluruh Indonesia, serta dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi tahunan yang mencapai hingga 250.000 unit.

ANTARA

#Industri Otomotif
#Nissan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi