Besok, Andrea Iannone dan Alex Rins Luncurkan Suzuki GSX
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Jumat, 17 Februari 2017 19:00 WIB
Seorang model berpose di motor Suzuki GSX S 150. TEMPO/Febriyan

TEMPO.CO, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap meluncurkan motor sport Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S 150, Sabtu, 18 Februari 2017, di Cilandak Town Square, Jakarta. Dua pembalap MotoGP dari Team Suzuki Ecstar, Andrea Ianone dan Alex Rins dijadwalkan untuk meluncurkan motor yang sudah diperkenalkan sejak ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 lalu.

“Ianone dan Rins akan naik GSX terbaru, tapi hanya dari backstage ke tempat peluncuran,” kataZulfikar Rafi Al Ghany, PR 2W SIS kepada Tempo, Jumat, 17 Februari 2017.

Iannone merupakan pembalap MotoGP kelahiran Italia, 27 tahun silam. Tahun lalu, Iannone bergabung dengan tim Ducati. Prestasinya, 1 kali juara di GP Austria dan 3 kali podium 3 di GP Austin (Amerika), Italia, dan Valencia. Iannone menempati posisi 9 di klasmen pembalap dengan total 112 poin.

Baca:Mitsubishi Klaim Mirage Terbaru Lebih Irit dan BertenagaJanuari, TVS Jual 2.239 Unit Motor

Sedangkan Rins (Spanyol) merupakan debutan di ajang MotoGP. Tahun lalu, Rins masih balapan di ajang Moto2, setingkat di bawah MotoGP, bersama tim Paginas Amarillas HP 40. Prestasi Rins di Moto2 terbilang mentereng. Pembalap berusia 21 tahun ini berada di peringkat 3 klasmen akhir pembalap dengan total 214 poin.

Sepanjang 2016, dari total 18 seri, Rins berhasil meraih podium juara di GP Austin dan GP Prancis, 3 kali podium 2, dan 2 kali podium 3. Rins terlibat persaingan ketat dengan juara dunia Moto2 asal Prancis, Johann Zarco.

Simak:Menerka Nama Pasar Mitsubishi XM ConceptSsst, Ada Bocoran Test Drive Mitsubishi XM Concept

GSX-R dan GSX-S 150 merupakan produk baru dari Suzuki yang mengisi segmen motor sport kelas 150 cc. GSX R 150 merupakan motor sport dengan fairing yang akan bertarung dengan Honda CBR 150 dan Yamaha R 15. Sementara GSX S 150 adalah motor sport dengan gaya street naked yang akan bersaing dengan Yamaha Vixion dan CB 150 di pasaran.

Salah satu fitur unggulan yang disematkan pada motor ini adalah Keyless Ignition System. Fitur ini memungkinkan pengendaranya menyalakan mesin motor tanpa anak kunci. Di kelas motor sport kelas 150 cc, Suzuki menjadi pionir penggunaan sistem ini. Suzuki GSX-R 150 dan S 150 saat test ride di Sirkuit Sentul, Januari 2017. Tempo/Febriyan.

Suzuki mengklaim, Keyless Ignition System yang mereka sematkan pada produk anyar mereka, GSX R dan S 150 cc, jauh lebih aman ketimbang sistem kunci motor konvensional. Pasalnya, sistem ini menggunakan gelombang radio unik yang canggih.

Sistem ini bekerja dengan gelombang yang dipancarkan dari sebuah remote. Sinyal yang terkirim dari remote akan terbaca oleh komputer dalam Electronic Control Unit (ECU) motor dan membuat switch knob pada motor dapat dioperasikan.

"Kami sudah pernah uji coba dengan gelombang radio, gelombang telepon pintar serta gelombang lainnya dan hasilnya tak bisa membuka sistem Keyless Ignition ini," ujar Supervisor Trainer Suzuki, Harsoyo, pada acara media test ride Suzuki GSX R 150 di Sirkuit Internasional Sentul, Kamis 26 Januari 2017. Test ride Suzuki GSX-R 150 dan S 150 di Sirkuit Sentul, Januari 2017.

Suzuki juga mengklaim sistemnya ini tak bisa di potong dengan menggunakan teknik jumper seperti yang lazim dilakukan para pencuri mobil di film. Mereka telah melakukan uji coba dengan teknik itu dan hasilnya nihil.

"Jumper bisa menghidupkan sistem kelistrikan saja. Tapi walaupun semua terlihat menyala seperti normal mesin tidak akan bisa menyala," ujar Supervisor Overseas Suzuki, Indra Karisma, dalam kesempatan yang sama.

WAWAN PRIYANTO

#Sepeda Motor
#Suzuki

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi