Targetkan Ekspor ke Australia, Toyota Motor Benahi Kualitas
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Senin, 13 Maret 2017 14:11 WIB
Perakitan badan mobil di Pabrik Karawang Plant II PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat, Kamis 8 Desember 2016.

TEMPO.CO, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN akan meningkatkan produknya sesuai permintaan pasar Australia guna mendorong target ekspor ke Negeri Kanguru tersebut. ‎Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono bersama dengan Presiden Toyota Motor Corporation ‎Akio Toyoda menemui Presiden Joko Widodo untuk melaporkan mengenai pencapaian investasi, ekspor, dan peningkatan sumber daya manusia.

"Ekspor ‎ke Australia menjadi salah satu tantangan dan kesempatan kami, produk harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan di sana," kata Waring di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 13 Maret 2017.

Baca: Kapasitas Mencukupi, Toyota Incar Ekspor ke Australia

Dalam kunjungannya ke Istana Kepresidenan, pihaknya ‎akan menjalin kerja sama dengan pemerintah dan stakeholder untuk mengembangkan daya saing produknya di pasar global. ‎Kendati demikian, Warih belum bisa memberikan perincian maupun target realisasi ekspor tersebut.‎‎‎Dia juga mengaku tidak membicarakan secara terperinci terkait investasi baru yang dilakukan setelah membangun pabrik dan pengembangan model sepanjang 2015-2016. Model baru tersebut akan berdampak pada perubahan rantai pasokan.

Baca: Trump Ancam Toyota, Begini Reaksi Jepang

Terkait dengan peningkatan SDM, lanjutnya, Toyota akan melakukan kegiatan permagangan pada tahun ini. Kendati jumlahnya masih sedikit, tetapi iktikad baik untuk mengembangkan kemampuan tenaga kerja bisa terlaksana.

Dia juga mendukung upaya pemerintah yang sedang menggalakkan program pembangunan infrastruktur. Menurutnya, hal tersebut bisa mendorong tingkat daya saing produk dalam negeri. "Kalau daya saing bagus pasti permintaan dari negara importir akan semakin banyak," ujarnya.‎

Warih mengungkapkan Jokowi berharap adanya industri asal Jepang‎ lain yang melakukan investasi di Tanah Air, bukan hanya Toyota. Pemerintah juga siap mendukung kegiatan tersebut agar investasi bisa terlaksana secara optimal.

BISNIS.COM

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi