Pengumuman Nama Expander, Mitsubishi: Tinggal Tunggu Hari
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Selasa, 25 Juli 2017 19:32 WIB
Mitsubishi Next Generation MPV atau yang selama ini dikenal XM Concept, secara resmi diperknalkan di Jakarta, 24 Juli 2017. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Jakarta - Mitsubishi baru saja memamerkan mobil baru low multi purpose vehicle (LMPV) yang disiapkan untuk melahap Toyota Avanza, jawara di kelasnya. Namanya Expander, tapi Mitsubishi berupaya menyembunyikan nama tersebut.

Di Hotel Fairmont kemarin, Senin, 24 Juli 2017, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) mengundang pers untuk menyaksikan versi komersial XM Concept, nama konsep yang dikampanyekan sejak setahun lalu itu. MPV rasa sport utility vehicle (SUV) tersebut akan diluncurkan pertama kalinya di dunia (world premiere) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10 Agustus 2017.

"Kami mempersembahkan Next Generation MPV ini untuk memuaskan keinginan para pengguna MPV di Indonesia," kata Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), di arena pamer Hotel Fairmont, Senayan.

Baca: Hadapi Avanza Cs, Ini Strategi Mitsubishi Pasarkan Expander

Menyaksikan tampilan menawan MPV baru Mitsubishi yang bakal dibanderol paling murah Rp 189 juta itu justru membuat Tempo tambah penasaran. Lalu, apa namanya? Mitsubishi bungkam.

Kalangan pers lantas mulai mengira-ira sebutannya. Muncullah di sejumlah media nama Mitsubishi Next Generation MPV, mengutip ucapan Kyoya Kondo. Tak bertahan lama, mencuatlah kasak-kusuk nama Expander.

Sebutan Mitsubishi Expander beredar tanpa diketahui dari mana asalnya. Bisa jadi justru dari internal Mitsubishi yang membocorkan untuk mempertahankan tensi rasa ingin tahu masyarakat. Dugaan ini belum tentu salah.

Simak: Lihat Spesifikasi dan Harga MPV Expander Pesaing Avanza

Sejak mula memang Mitsubishi memainkan penasaran masyarakat terhadap produk baru MPV yang sudah lama ditinggalkan Mitsubishi, setelah kemunculan Mitsubishi Kuda pada 1999 sampai 2005. Citra kendaraan Mitsubishi pasca Kuda adalah sport dan niaga semacam truk. "Kami ingin kembali lagi memunculkan bahwa Mitsubishi berkualitas dalam MPV,” kata Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Yahya.

Teknik menyebar penasaran Mitsubishi berbuah. Menurut Imam, hingga awal Juli 2017 sudah sekitar 16.000 orang yang menyatakan memesan MPV XM Concept.

Misteri yang masih disimpan oleh Mitsubishi adalah nama komersial MPV XM Concept. Kepada Tempo, Imam malu-malu kucing untuk mengakui bahwa namanya Mitsubishi Expander. Dia menolak menyebutkan nama tersebut dengan alasan pengumuman nama akan dilakukan di arena GIIAS pada 10 Agustus mendatang.

Namun, Imam tak mau membantah atau bahkan memastikan bahwa namanya bukanlah Expander. “Tinggal tunggu hari saja kok, sampai 10 Agustus nanti,” jawab Imam meminta Tempo bersabar via pesan singkat siang ini, Selasa, 25 Juli 2017.

Mitsubishi Expander dibekali mesin 1.5L, 16 katup, berteknologi Mitsubishi Valve Timing Electronic Control (MIVEC). Mesin ini diklaim hemat bahan bakar dan bertenaga. Tenaga dari mesin ini dialirkan ke roda penggerak depan melalui transmisi manual atau otomatis. Expander juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, 205 milimeter (diukur menggunakan ban 16 inci).

Sebagai mobil keluarga, Small MPV ini memiliki banyak kompartemen serba guna di dalam kabin. Terutama untuk menyimpan botol minuman, tempat charges gadget, USB port, dan sebagainya.

Desain kursi juga dibuat sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan penumpang pada saat berkendara. Tata letak menyediakan ruang kabin yang lapang untuk semua penumpang. Salah satu fitur yang diunggulkan pada model ini adalah Keyless Operating System (KOS).

Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk membuka pintu dan menyalakan mesin ketika kunci berada di dalam saku. Tombol KOS berkomunikasi dengan kendaraan teknologi nirkabel.

Ada yang menarik lagi pada Mitsubishi Expander. Lampu depan akan tetap menyala selama 30 detik saat keluar dari mobil pada malam hari. Fitur ini tentu sangat membantu saat pengemudi parkir di tempat gelap.

JOBPIE SUGIHARTO

#Mitsubishi Xpander
#Mitsubishi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi