Sebanyak 615 Ribu Unit Kendaraan Bermotor di Jakarta Telah Lakukan Uji Emisi
Reporter: Antara
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 11 Maret 2022 11:14 WIB
Petugas mengukur kualitas emisi gas buang kendaraan roda empat di perumahan Pesona Khayangan Depok, Jawa Barat, Selasa, 16 November 2021. Adapun tanggal 17 November, uji emisi gratis berlangsung di Terminal Jatijajar Kota Depok, dan tanggal 18 November di Telaga Golf Sawangan. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini membicarakan soal kegiatan uji emisi di ibu kota. Menurutnya, pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor merupakan bentuk ikhtiar untuk menjaga kualitas udara di Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dirinya menjelaskan bahwa saat ini sudah ada 615 ribu unit kendaraan bermotor yang sudah melaksanakan uji emisi di Jakarta. Jumah iu secara rinci terbagi dari 564 ribu mobil dan 51 ribu sisanya kendaraan roda dua.

"Ini adalah program yang baik dan saya berharap kepada seluruh warga yang memiliki kendaraan bermotor untuk ikut uji emisi dan pastikan lolos," kata Anies seperti dikutip Gooto.com dari situs berita Antara hari ini, Jumat, 11 Maraet 2022.

Lebih lanjut, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor merupakan cara yang tepat untuk mengurangi udara kotor di Jakarta. Maka dari itu, ia juga meminta agar masyarakat beralih menggunakan kendaraan umum ketimbang kendaraan pribadi.

"Uji emisi ini cara kita untuk bisa meyakinkan diri sendiri bahwa kendaraan saya tidak ikut mengotori udara Jakarta,” kata Anies Baswedan. "Idealnya kita bisa pakai kendaraan umum. Tapi bila masih pakai kendaraan pribadi jangan mengotori lingkungan."

Terlepas dari itu, rencana untuk menjadikan Indonesia bebas emisi karbon mulai digencarkan di beberapa daerah. Selain Jakarta, Kota Bekasi juga diaporkan juga menerapkan hal yang sama yakni melakukan pengujian emisi pada kendaraan bermotor.

"Kegiatan ini (uji emisi) sebagai salah satu bentuk peran Dishub dalam memeriahkan HUT Kota Bekasi yang sudah memasuki usia perak," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Dadang Ginanjar, masih dikutip dari Antara.

Terhiung, ada kendaraan bermotor yang mengikuti uji emisi sampai batas waktu yang ditentukan. Dari jumlah tersebut, ada 250 unit kendaraan berbahan bakar bensin yang lulus uji emisi, dan dua unit tidak lulus,

Sedangkan 23 kendaraan berbahan bakar solar dinyatakan lolos sementara dari hasil uji emisi. Sementara itu, ada empat kendaraan berbahan bakar solar yang tidak lulus.

Baca: Tes Pramusim Formula 1 Bahrain: Verstappen Absen, Hamilton Tak Masuk 10 Besar

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi