F1 GP: Sebastian Vettel Dihukum Mundur 3 Grid Start
Reporter: Non Koresponden
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 4 Juli 2021 08:00 WIB
Vettel bergabung dengan Aston Martin setelah dikeluarkan oleh Ferrari tahun lalu. Musim F1 2020 adalah musim yang mengecewakan bagi pembalap Jerman itu karena ia finis di urutan ke-13 dalam kejuaraan pembalap dengan hanya meraih satu podium. topgear.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaPembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, dihukum penalti mundur tiga baris dari posisi start karena menghalangi Fernando Alonso (Alpine) di sesi kualifikasi kedua (Q2) di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu, 3 Juli 2021. Vettel, yang merayakan ulang tahunnya yang ke-34, secara tidak sengaja menghalangi Alonso antara Tikungan 9 dan 10 – area lintasan di mana para pembalap telah sepakat dengan Direktur Balap FIA Michael Masi untuk tidak memperlambat demi alasan keselamatan.Akibatnya, Alonso tersingkir dari kualifikasi kedua dan hanya berada di P14. Ia mengatakan bahwa akhir pekan baginya telah berakhir dengan kejadian tersebut, meskipun ia dengan cepat tidak menyalahkan Vettel sendiri.Sementara itu, Vettel meminta maaf kepada Alonso. Pembalap asal Jerman itu mengatakan bahwa dia tidak dapat menghindari blok tersebut setelah disalip oleh beberapa mobil yang kemudian melambat di depannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, para steward melihat situasi secara berbeda. Dalam pernyataan mereka mengatakan: “Fernando Alonso berada di lap cepat sebelum akhir Q2. Saat mendekati dua tikungan terakhir (9 dan 10), masih ada antrian 3 mobil yang bersiap untuk putaran kualifikasi terakhir mereka. Vettel adalah mobil terakhir di baris ini dan menghambat Alonso dan akibatnya, Alonso harus membatalkan putaran kualifikasi terakhirnya.”Selain penurunan tiga posisi grid - yang akan membuatnya memulai balapan hari Minggu ke-11, bukannya ke delapan - Vettel diberi satu poin penalti pada lisensinya. Hal ini menjadikan penghitungannya selama 12 bulan terakhir menjadi enam poin.Valtteri Bottas dari Mercedes, yang memenuhi finish di posisi kelima, dan Carlos Sainz dari Ferrari, yang berada di P11, juga diselidiki karena terlalu lambat di bagian yang sama,  tetapi keduanya lolos dari penalti dengan alasan banyak pembalap mengantri di depan mereka.

FORMULA 1

Baca juga: Formula 1: Sebastian Vettel Bahagia Meski Tak Masuk 10 Besar

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi