Demi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti Mobil
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 3 Januari 2012 11:28 WIB
Mobil buatan siswa SMK 2 dan SMK Warga Surakarta yang diparkir di halaman Balai Kota Surakarta, Senin, (2/1). TEMPO/Ukky Primartantyo.

TEMPO.CO, Surakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, sejak pertama kali menjabat pada 2005 tidak pernah ganti mobil dinas. Toyota Camry miliknya total sudah dipakai selama 11 tahun, termasuk oleh pemimpin sebelumnya.

Dalam beberapa kali kesempatan, Jokowi mengaku mobil lamanya masih enak dipakai sehingga ia menolak mobil dinas baru. Tapi rupanya dia menunggu mobil rakitan siswa SMK.

"Pak Jokowi memesan mobil ke kami," ujar Dwi Budimartono, salah seorang guru otomotif di SMK 2 Surakarta, kepada Tempo, Selasa, 3 Januari 2012.

Pesanan itu karena SMK 2 menyatakan sanggup merakit mobil. Dan itu membuat Jokowi tertarik memesan untuk membuktikan kemampuan siswa SMK 2.

Lantas, pada September 2011, proses perakitan pun dimulai. Ada enam siswa SMK 2 yang terlibat di perakitan. "Kami merakit bodi dan mesin," kata Madi, siswa kelas III Teknik Kendaraan Ringan.

Siswa perakit lainnya, Okky Austriadi, 18 tahun, mengatakan merakit mobil adalah hal baru. Sebab selama ini ia lebih banyak mempelajari mesin, kelistrikan, dan sasis. "Dan ternyata kami bisa," ucapnya.

Guru otomotif lainnya, Sriyono, menyebut, meskipun pekerjaan baru, itu bisa dikerjakan karena secara prinsip sama. "Tidak beda jauh dengan yang kami lakukan saat ini, yang lebih banyak di pemeliharaan mesin," katanya.

Jokowi dan Wakil Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mulai Selasa, 3 Januari 2012, memakai mobil dinas rakitan para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan Kiat Motor.

Mobil yang dirakit para pelajar SMK dan Kiat Motor itu menggunakan komponen 80 persen buatan lokal dan 20 persen impor. Mobil tersebut dibiayai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi