Jokowi: Mobil Esemka Lebih Nyaman dari Camry  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 3 Januari 2012 14:15 WIB
Wali kota Surakarta Joko Widodo mengendarai mobil dinas buatan siswa SMK, Kiat Esemka di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa (3/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Wali Kota Surakarta Joko Widodo hari ini beraktivitas dengan mengendarai mobil dinas barunya, Kiat Esemka. Mobil itu digunakan untuk meninjau pembuatan KTP elektronik atau e-KTP sekaligus mengambil foto dirinya untuk membuat e-KTP di Kantor Kecamatan Banjarsari.

Setelah itu, Jokowi menuju rumah dinas untuk menemui Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Lutfi Rauf. Dia duduk di kursi tengah mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc tersebut. Di kursi depan, ada sopir dan ajudan. Saat Tempo melongok ke dashboard, terlihat bahwa mobil itu baru dipakai sejauh 65 kilometer.

“Hari ini sudah saya pakai. Sudah dipasang plat nomor AD 1 A,” kata Jokowi di rumah dinas Wali Kota, Selasa, 3 Januari 2012. Menurutnya, mobil itu sama nyamannya dengan Toyota Camry yang selama ini dipakai. “Bahkan, lebih nyaman,” lanjutnya.

Dia mengaku akan menggunakan mobil tersebut dalam aktivitas dinas di dalam kota. Soal izin yang belum keluar, dia menyebut saat ini sedang diurus izin kelayakan dan izin lolos uji emisi Euro 4. Menurut sopir Jokowi, Suliadi, mobil Kiat Esemka tidak kalah dengan Toyota Camry.“Mobilnya nyaman, suspensinya empuk. Saat melindas jalan berlubang juga tidak begitu terasa,” katanya. Selain itu, dia menganggap mobil itu stabil saat dikendarai dan handling-nya mulus.

Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo juga sudah menggunakan mobil Kiat Esemka untuk beraktivitas. Mobil yang menggunakan mesin jenis TwinCam 1.5i tersebut dipakai mengunjungi proses perakitan mobil pick up di Solo Techno Park dan melihat kondisi warga korban banjir di bantaran Sungai Bengawan Solo.

“Saya sudah pakai berkeliling. Enak dikendarai,” ujarnya. Dia mengatakan hasil karya anak bangsa harus dihargai tinggi. Kehadiran mobil Kiat Esemka disebutnya bisa menjadi momentum kebangkitan otomotif nasional.

UKKY PRIMARTANTYO

Berita terkaitDemi Mobil Rakitan Esemka, Jokowi Ganti MobilIni Mimpi Para Siswa Perakit Mobil Jokowi Mereka yang Bangga Merakit Mobil EsemkaMulai 2012, Jokowi Pakai Mobil Dinas Rakitan Test Drive Mobil Esemka, Pak Dubes Pun Tergoda

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi