Jokowi Siap Bawa Esemka ke Jakarta untuk Uji Emisi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 15 Januari 2012 13:19 WIB
Walikota Solo Joko Widodo berpose di depan mobil Kiat Esemka. TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Pemerintah Surakarta menyiapkan segala persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan uji emisi mobil Esemka di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Surakarta Yosca Herman Soedrajad menyatakan persyaratan administrasi di antaranya berkaitan dengan proses membawa mobil Esemka ke Jakarta. "Baik ketika diangkut dengan truk atau jika dikendarai sendiri," ujarnya kepada wartawan, Minggu, 15 Januari 2012.

Jika dibawa truk, dia mengatakan truk yang mengangkut butuh izin khusus karena membawa mobil Esemka. Jika dikendarai sendiri, praktis pihaknya harus mengurus surat jalan khusus ke kepolisian resor di mana wilayahnya akan dilewati, bahkan perizinan diurus sampai ke Markas Besar Polri.

Sebab mobil Esemka belum ada dokumennya sama sekali. "Sekarang sedang kami usahakan bisa mendapat surat jalan tersebut," katanya.

Yosca mengatakan, jika dikendarai sendiri, kemudian di perjalanan terjadi masalah seperti terlibat kecelakaan yang diakibatkan kendaraan lain atau terjadi human error sehingga menyebabkan kecelakaan, maka uji layak jalan di Kementerian Perhubungan yang sudah berhasil dilewati bisa dicabut. Padahal saat ini mobil Esemka sudah lolos uji layak jalan di Kementerian Perhubungan dan tinggal merampungkan uji emisi sebagai syarat mendapatkan sertifikat uji tipe.

Wali Kota Surakarta Joko Widodo tetap berharap bisa mengendarai sendiri mobil Esemka ke Jakarta. "Pengin-nya disopiri sendiri," katanya. Dengan begitu, bisa sekalian menguji apakah kendaraan tersebut rewel atau tidak selama perjalanan ke Jakarta. Rencananya mobil Esemka dibawa ke Jakarta pada Selasa atau Rabu depan untuk uji emisi.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional
#Jokowi

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi