Datsun Siap Bangkit dari Kubur
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 5 Maret 2012 12:51 WIB
dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Tokyo - Penggemar mobil Datsun boleh bergembira. Pasalnya raksasa industri otomotif Nissan Motor Co. berencana menghidupkan kembali merek yang tenggelam sejak dekade 1990-an ini. Datsun rencananya dipakai untuk melabeli produk Nissan di luar Jepang.

Associated Press mengabarkan rencana Nissan untuk membangkitkan kembali Datsun akan dilakukan pada 2014. Rencana ini diutarakan oleh Chief Executive  Officer Nissan, Carlos Ghosn. Namun ia tak mengatakan model apa saja yang akan dirilis dengan label Datsun. "Yang jelas pasarnya difokuskan di negara berkembang," kata dia kemarin.

Kantor berita Reuters mengabarkan Datsun rencananya menjual 500 ribu unit mobil di India, Indonesia, dan Rusia. Namun pada tahap awal kapasitas produksi dibatasi hingga 300 ribu unit. Produksi Datsun pun diperkirakan tak begitu sulit karena Nissan memiliki mitra lokal di beberapa negara. Di India, pabrikan yang berbasis di Yokohama ini menggandeng Ashok Leyland Ltd., sedangkan di Prancis Nissan bermitra dengan Renault.

Datsun memulai debutnya di Jepang pada 1932. Merek ini menuai popularitas di Amerika Serikat selama lebih dari 50 tahun. Produksinya dihentikan pada 1981 saat Nissan mengembangkan merek premium Infinity.

Namun di Amerika dan beberapa negara berkembang di Timur Tengah dan Asia mobil-mobil Datsun tetap digunakan. Beberapa varian yang populer yakni mini truk Datsun 520 dan 720 serta sedan 120 yang dirilis pada dekade 1950-an hingga 1980-an.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi