Subaru Targetkan Pertumbuhan di Pasar ASEAN  
Reporter: Tempo.co
Editor: Abdul Malik
Rabu, 19 Desember 2012 20:51 WIB
Logo Subaru. amazonaws.com

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Produsen mobil premium, Subaru membidik pasar Asia Tenggara. "Kunci pasar mobil dunia itu ada di Indonesia, Thailand dan Filipina," kata Direktur Eksekutif Tan Chong International Limited, Glenn Tan di Pabrik Perakitan Tan Chong Motor Assembly, Segambut, Kuala Lumpur, Rabu, 19 Desember 2012. Menurut dia, ada potensi pertumbuhan yang sangat besar di tiga negara tersebut. Tan juga mengatakan tengah membidik pasar Taiwan dan Malaysia.

Tan mengatakan pihaknya menginventasikan dana sebesar US$ 30 juta untuk ekspansi ke lima negara tersebut. Ekspansi yang dilakukan antara lain dilakukan dengan meningkatkan standar perakitan pabrik di Segambut, menambah jumlah outlet di Indonesia dan memperluas jaringan. "Tahun depan ada 33 outlet di Indonesia," katanya. Saat ini baru berdiri 17 outlet di Indonesia.

Dia menargetkan penjualan Subaru XV--mobil tipe sport utility vehicle (SUV) yang diluncurkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS), mencapai 2.000 unit di Indonesia tahun depan. Adapun total target penjualan Subaru XV di lima negara itu mencapai 10 ribu.

Target 10 ribu mobil itu melebihi target penjualan di Cina tahun ini, yang dibidik produsen mobil berlogo tujuh bintang asal Jepang itu. Tan mengatakan penjualan di Cina mengalami penurunan. Oleh sebab itu, pihaknya akan memfokuskan diri untuk membidik pasar mobil di lima negara ASEAN.

Produk andalan Subaru, XV, akan dipasarkan di Indonesia awal Januari tahun depan. "Saat ini kami sedang dalam tahap produksi," katanya. Hingga saat ini, menurut Tan, sudah ada 309 pemesan dalam daftar. Subaru XV merupakan crossroad sedan dengan Sport Utility Vehicle (SUV). Lebar sedan, namun dengan tinggi SUV. Menurut dia, mobil bertipe SUV paling digemari di Asia Tenggara. "Masuknya Subaru XV memberikan lebih banyak pilihan bagi customer," kata Tan.

Dia yakin produknya lebih unggul dari sisi teknologi. "Modelnya mirip dengan CRV, tapi kami berkualitas premium," katanya. Tan menambahkan produknya memiliki Vehicle Dynamics Control System (VDC), all wheel drive, TV, Global Positioning System, sound system. "Kami memberikan semua yang diinginkan customer," katanya. Di Jakarta, harga Subaru XV on the road berkisar antara Rp 338 juta - Rp 359 juta.

AMANDRA MUSTIKA MEGARANI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi