Penjualan Otomotif di AS Diperkirakan Naik
Reporter: Tempo.co
Editor: A.a.Gde Bagus Wahyu Dhyatmika
Kamis, 3 Januari 2013 22:17 WIB
TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO.CO, Los Angeles - Penjualan otomotif di Amerika Serikat tahun ini diprediksi naik 6,6 persen dibanding tahun lalu.

Menurut RL Polk & Co, penyedia data pasar otomotif, pertumbuhan ini akan disumbang oleh kelas pickup dan mobil kelas menengah. Permintaan dua kelas ini terkait dengan membaiknya ekonomi. Dalam laporannya diperkirakan, penjualan akan tembus angka 15,3 juta unit alias naik kurang dari 1 juta dibanding tahun lalu.

Polk juga memprediksi peningkatan jumlah mobil terdapat pada mobil yang diredesain dan truk kecil. Tingkat pertumbuhan mungkin kurang dari setengah dari pertumbuhan tahun lalu.Hal ini karena industri otomotif hampir mencapai titik jenuh setelah pulih banyak dari resesi lima tahun lalu. "Akan ada pertumbuhan, tetapi permintaan mulai jenuh saat ini," kata Anthony Pratt, Direktur Polk yang memprediksi wilayah Amerika, Kamis  3 Januari 2013.

Pengiriman mobil dan truk tahun lalu adalah yang terbaik sejak 2007. Beberapa model baru muncul dan kepercayaan konsumen tumbuh. Hasil penjualan tahun lalu dijadwalkan akan dilaporkan besok Jumat. 4 Januari 2013.  

Kelas pickup, adalah sumber utama pendapatan bagi General Motors, Ford Motor Co dan Chrysler Group LLC. "Kelas ini harusnya menguat tahun ini, karena munculnya desain baru dan pasar perumahan juga pulih," kata Polk.

Di Amerika, antara 2000-2007 rata-rata penjualan mencapai 16,8 juta kendaraan per tahun. Pada 2009 turun ke 10,4 juta unit. Angka ini penjualan terendah selama 27 tahun.

Menurut prediksi Polk, penjualan diperkirakan meningkat hingga 15,8 juta unit pada 2014 dan jadi 16,2 juta unit pada 2015. Pada 2016 diperkirakan melemah jadi 16 juta unit. "Ini mencerminkan siklus dari industri otomotif," kata Pratt.

NUR ROCHMI | AUTONEWS

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi