VW Luncurkan Mobil Terhemat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Yandi M rofiyandi TNR
Jumat, 22 Februari 2013 15:06 WIB
Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen memperkenalkan mobil konsep XL1 yang akan tampil perdana di Pameran Otomotif Jenewa bulan depan. Volkswagen membanggakan XL1 sebagai mobil paling irit bahan bakar di dunia, dengan rasio konsumsi bahan bakar 1 liter solar untuk jarak tempuh 100 Km. gearpatrol.com

TEMPO.CO, Jakarta -- Volkswagen meluncurkan mobil ramah lingkungan hemat. Mereka mengklaim, mobil VW XL1 ini paling hemat di kelasnya. Satu galon bahan bakar bisa menyusuri jarak 500 km (313 mil) . Jika diuangkan, ongkos sekitar Rp 22 ribu bisa buat berkendara sejauh 100 km.

Mobil dengan mesin diesel 800 cc ini memiliki motor listrik terpisah. Motor listrik ini bisa jadi bahan bakar untuk jalan sepanjang 50 km. Dengan listrik ini, kecepatan 100 km bisa diraih dalam waktu 12,2 detik. Kecepatan tertinggi dengan tenaga listrik bisa mencapai 160 km per jam.

Mobil ini memang bukan mobil sport, melainkan mobil ramah lingkungan. Jika memakai mode bahan bakar biasa, emisinya rendah, yaitu 21 gram/km. Kurang dari seperempat emisi mobil ultragreen besutan Toyota, Prius.

Bodinya yang terbuat dari serat karbon membuat bobotnya lumayan ringan, yakni 795 kilogram dengan kapasitas duduk dua kursi. VW akan memproduksi 50 model awal di pabriknya di Osnabrueck, Jerman, bersama produksi mobil Golf Cabriolet dan Porsche Boxster. Produksi akan dimlau akhir tahun ini. Namun, perusahaan enggan menyebut berapa ongkos untuk produksi tiap unit mobil.

Mobil ini akan dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2013. Simak berita otomotif lainnya di sini.

DAILYMAIL | NUR ROCHMI

Berita populer:Nazar: Anas Bikin Cerita Tipu-tipu MahabharataKode Korupsi Al-Quran: Santri, Pengajian, MurtadIni Alasan Pemerintah Ingin Hapus Dinasti PolitikKPK Kembali Periksa Elda Devianne

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi