Mobil-mobil Baru dari Jenewa
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Kamis, 14 Maret 2013 05:29 WIB
Produsen Supercar asal Italia, Ferrari meluncurkan mobil terbarunya LaFerrari yang menggunakan mesin Hybrid dalam pameran Geneva Motor Show ke 83 di Jenewa, Swiss, (5/3). REUTERS/Denis Balibouse

TEMPO.CO, Jakarta - Ajang pameran otomotif Geneva Motor Show selalu menampilkan berbagai kendaraan hebat dari produsen-produsen otomotif tekemuka dunia. Pada tahun ini, sejumlah kendaraan andalan ditampilkan. Berikut adalah beberapa mobil keren yang tampil di sana.

1. LaFerrari Produsen otomotif berbasis di Italia, Ferrari, memperkenalkan "kuda jingkrak" bertenaga bahan bakar minyak dan listrik atau hibrida yang diklaim sebagai kendaraan tercepat, LaFerrari. Produk terbaru produsen berlogo kuda jingkrak ini bisa melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam kurun waktu 3 detik. Sedangkan kecepatan 200 kilometer per jam bisa diraih dalam 7 detik. LaFerrari bisa digeber hingga kecepatan 350 km per jam.

Dengan mesin kapasitas 6,3 liter, LaFerrari bisa menghasilkan 800 tenaga kuda. Jika ditambah dengan energi dari baterai listrik dengan kekuatan 120 kilowatt, LaFerrari bisa memiliki 963 tenaga kuda. Tenaga ini 10 kali lipat dibanding tenaga pada citycar Ford, Fiesta.

LaFerrari merupakan debut di kelas hibrida dan mobil yang tercepat yang pernah dibuat produsen asal Maranello, Italia, ini. Walaupun masuk kelas hibrida, emisi mobil ini masih lumayan tinggi, 330 gram per km, di atas rata-rata mobil hibrida lain. Toyota Prius, misalnya, emisinya hanya 89 gram per km. Konsumsi bahan bakarnya lumayan, 14,2 liter untuk tiap 100 km.

Mobil ini menjadi penerus Ferrari Enzo. Ferrari hanya membuat 499 LaFerrari. Harganya sekitar Rp 14.5 miliar.

2. Rolls-Royce Wraith Mobil Rolls-Royce memunculkan kembali namanya sejak pertama kali terlihat pada 1938. Wraith ini mengambil dasar dari Ghost. Namun mobil coupe ini sedikit lebih rendah dan pendek dibandingkan Ghost. Tapi kekuatan mesinnya lebih tangguh, yakni 624 bhp. Harganya diperkirakan mencapai Rp 3,12 miliar.

3. Lamborghini Veneno Produsen otomotif asal Italia, Lamborghini, membuat mesin mobil sport super cepat, Lamborghini Veneno. Mobil super dunia ini dibuat sekaligus sebagai perayaan setengah abad kehadiran perusahaan otomotif ini.

Lamborghini Veneno ini dijual dengan harga US$ 4 juta atau sekitar Rp 39 miliar. Baru tiga orang yang menjadi calon pemilik mobil ini. Mereka telah memesan dan mendepositkan uang untuk dibuatkan mobil ini.

Mobil ini menggunakan sasis Lamborghini Aventador. Kecepatan maksimalnya 220 mph atau 354 km per jam. Tiga Lamborghini Vaneno tadi rencananya dibuat dalam tiga warna, yakni merah, putih dan hijau. Mirip dengan warna bendera Italia.

4. Porsche 911 GT3 Model terbaru dari Porsche generasi 991. Menggunakan mesin 911 Carrera S berkapasitas bahan bakar 3.8 liter dengan perputaran mesin sampai 9.000 rpm. Percepatannya dari 2mph ke 196 mph hanya dalam waktu antara 0.7 detik-3.5 detik. Sedangkan hanya butuh waktu 5,5 detik untuk melaju dari 0 ke 60 mph, dan mencapai 100 mph hanya dalam 13 detik saja.

Kendaraan ini akan dijual dengan harga Rp 145.6 miliar. Bodi dan tampilannya akan mirip dengan Porsche generasi 911 lainnya.

5. McLaren P1 McLaren pun tak mau ketinggalan. Setelah memunculkan di Paris, McLaren menunjukkan kembali produksi P1 di Genewa. McLaren mengklaim kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan 218 mph atau 350 km per jam. McLaren hanya membuat 375 mobil P1. Harga tiap satuannya Rp 12.5 miliar.

McLaren P1 merupakan MP4-12C dengan penambahan bodipanel sehingga mobil tampak lebih garang. Mesin yang dipakai twin-turbo V8 sama dengan mesin pada MP4-12C. P1 akan melaju dari 0 sampai 100 km/jam kurang dari 3 detik, 0 sampai 200 km per jam kurang dari 7 detik, dan 0 sampai 300 km per jam sekitar 17 detik. Percepatan ini membuat kendaraan ini akan lebih cepat 5 detik daripada kendaraan FI McLaren.

6. Kia Provo Produsen otomotif Korea membuat Kia Provo dalam persaingannya di mobil mini. Kia Provo mengambil dasar pada Rio supermini dan dilengkapi oleh mesin Hibrida. Mesin yang dipakai adalah mesin turbocharged 201 bhp 1.6 liter dan motor elektrik. Mobil ini menggunakan gaya mobil mini Italia era 1950-1960-an.

7. Bentley Flying Spur Bentley memunculkan Flying Spur di Genewa. Ini merupakan kelanjutan dari mobil terdahulunya, Continental GT. Memiliki daya 616 bhp; dan interior yang telah dipermak ulang. Bentley ini kemungkinan akan dijual dengan harga Rp 2 miliar.

AUTOCAR | WANTO

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi